JSC Palembang Akan Gelar MXGP 2019

Staf Khusus Gubernur Sumtera Selatan I Gusti Bagus Surya Negara yang didampingi Staf Pribadi Gubernur Riduan Tumenggung.(foto/ist)

Palembang- Perhelatan Internasional MXGP di Palembang akhirnya resmi ditunda di tahun 2019 mendatang, hal ini di dorong  karena ada beberapa pertimbangan, terkait pelaksanaan Asian Games 2018 .

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Staff Khusus Gubernur Sumtera Selatan I Gusti Bagus Surya Negara, yang menyampaikan dengan berat hati bahwa perhelatan akbar yang di ikuti 60 peserta dari 42 negara tersebut harus mengalami penundaan jadwal hingga tahun 2019 nanti.

“dengan berat hati kami menyampaikan ini, mohon dimaklumi , dengan semangat yg menggebu gebu kami telah perjuangkan agar tetap dilaksanakan tahun depan tetapi dengan adanya perhelatan Asian Games ini harus tetap kita jaga baik baik jangan sampai mencederai kepentingan bangsa dengan menyelenggarakan Asian Games 2018. Jadi kita putuskan, lebih baik kita tunda 2019 nanti,” ujarnya

Ditambahnya bahwa jelang Asian Games semua sarana dan prasarana harus di sterilkan, Sedangkan untuk membangun sirkuit MXGP harus melakukan kegiatan penimbunan dari nol.
Ditambahkan staf pribadi Gubernur Riduan Tumenggung menyebutkan sirkuit tersebut telah siap dg master plannya. Nantinya dibangun di atas lahan seluas 15 hektar, diantaranya, lahan 7,5 hektar akan digunakan sebagai lintasan, dengan panjang 1,6 – 1,8 km. Kemudian sisa 7,5 hektar diperuntukan kebutuhan tribun penonton, paddock peserta, panpel (RC dan OC) dan area parkir.

“Untuk penimbunan lahan butuh ratusan ribu kubik tanah dengan memakan waktu 4 sampai 6 bulan. Belum lagi proses pemadatan dan pembuatan lintasannya. Demi Asian Games, ya harus tertunda satu tahun,” papar Riduan.

Menurut Riduan, lokasi JSC sudah mendapat jaminan dari promotor untuk penyelenggaraan 2019. Asal pihak PT. JSC siap menjadi tuan rumah, MX GP bisa boyongan lagi di Palembang, gak perlu khawatir soal itu. (korankito.com/nisa/mbam)