Hanya Dua Jam, Belasan Rumah Ludes Terbakar Di Desa Batu Ampar Empat Lawang

kebakaran di Desa Batu Ampar, Kecamatan Lintang Kanan, Kamis Malam (7/9). (rodi)

EMPATLAWANG – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kecamatan Lintang Kanan, tepatnya di Desa Batu Ampar, Kamis (7/9) sekitar pukul 19.50 WIB. Hanya dalam kurun waktu hampir Dua jam, belasan rumah warga setempat ludes terbakar dan rusak berat serta rusak ringan. Diduga, kebakaran terjadi akibat adanya konsleting arus pendek listrik.

Informasi yang berhasil dihimpun, kobaran api terlihat pertama kali oleh Maman (29) dan Rizal (26), dari bagian atas rumah Amnita (35).
Kedua warga inipun berteriak histeris, sambil memberitahu warga lainnya.

“Ya benar ada kebakaran di Batu Ampar Lintang Kanan. Sekarang apinya sedang besar, tapi tidak ada korban jiwa,” ungkap Aan, warga setempat saat dihubungi via pesan singkat.

Warga pun bahu-membahu memadamkan api, yang mulai merambat ke rumah-rumah yang ada di sekeliling rumah Amnita, dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran. Api dengan cepat menyambar dan menghanguskan rumah warga, karena mayoritas rumah warga terbuat dari kayu. Selain itu, lokasi kebakaran merupakan kawasan padat penduduk.

Foto/rodi

Kobaran api akhirnya bisa dijinakkan, setelah warga berjuang hampir Dua jam. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Milyaran rupiah.

Kepala Dinas Sosial Empatlawang, Hasbullah melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Umar, membenarkam adanya musibah kebakaran tersebut. “Kami sudah mendapatkan informasinya, saat ini tim Tagana setempat sudah diterjunkan ke lokasi, untuk membantu warga,” ungkap Umar.

Sementara Camat Lintang Kanan, Almutholib saat dihubungi mengatakan, data korban kebakaran belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, ia memastikam belasan rumah ludes, rusak berat dan rusak ringan. “Asal api belum diketahui dari rumah siapa, penyebabnya pun masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” ujarnya.(korankito.com/rodi/mbam)