Palembang Masih Butuh 222 Ribu Lagi Blanko KTP-el

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Santi Zahara. Foto/Ist.

Palembang – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang melalui Sekretaris, Santi Zahara mengungkapkan, dari 1.8 juta jiwa masyarakat Palembang saat ini, sebanyak 1,2 juta jiwa merupakan warga dengan wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) (wajib KTP-el).

Diakuinya, Kota Palembang memang tengah kekurangan blanko KTP-el tersebut. Sehingga hanya warga yang berstatus Print Ready Record (PRR) atau warga yang memang belum pernah melakukan perekaman saja yang bisa langsung mencetak KTP-el tersebut.

“Saat ini jumlah keping blangko KTP-el yang dimiliki Disdukcapil Palembang masih tidak mencukupi. Untuk cetak baru saja membutuhkan sekitar 50 ribu keping blanko. Itu belum termasuk KTP-el warga yang hilang, rusak atau pindah domisili,” jelasnya.

Santi menjelaskan, agar bisa memenuhi kekurangan tersebut, pihaknya telah mengajukan permohonan penambahan blanko KTP-el tersebut ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan pengajuan sebanyak 222 ribu keping blanko KTP-el. Hanya saja belum diketahui apakah pengajuan tersbeut akan terealisasi semua atau tidak mengingat kekurangan blanko KTP-el ini tidak hanya terjadi di Kota Palembang saja.

“Mudah-mudahan akhir Oktober nanti sudah ada persetujuan dari Kemendagri, tapi belum tahu dapatnya berapa,” akunya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya mencatat per 31 Agustus lalu terhitung ada total PRR 40 ribu KTP-el yang siap cetak, sedangkan bulan-bulan sebelumnya ada sekitar 18 ribu KTP-el yang siap cetak. Karena itu kekurangan blanko KTP-el sebanyak 220 ribu keping tersebut sudah termasuk untuk PRR, KTP-el yang rusak, hilang maupun yang pindah domisili.

“Warga yang KTP-el nya rusak, hilang atau pindah domisli, sementara ini, kita menyiapkan KTP sementara berupa surat keterangan (Suket). Dan yang perlu diingat jika pencetakan KTP ini sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun,” tukasnya. (korankito.com/raya/amel).