Hemat Sampai Rp2 Juta, Ini Yang Diterapkan Siswa SMAN 8 Palembang

Suasana pemiluos di SMAN 8 Palembang. Foto/ejak

Palembang – Pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) Pemilihan Umum Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pemiluos) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Palembang menggunakan sistem online.

Menerapkan sistem online dalam pemilihan ketua OSIS, diakui Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) SMAN 8 Palembang M Fahri Al-Farisi sebagai yang pertama di Sumsel.

Dikatakannya, totalnya ada 1000 an pemilih dari seluruh warga sekolah baik siswa, staf, guru, penjaga kantin bahkan mahasiswa yang sedang PPL disana.

Skema pemilihannya sendiri cukup mudah, Faris menjelaskan, para siswa dan warga sekolah akan diberikan pin saat hendak memilih. Kemudian, mereka memasukkan pin ke laptop yang ada di bilik suara yang tersedia dan akan muncul tiga pasang calon ketua OSIS. Lalu mereka tinggal meng-klik salah satu kandidatnya saja.

“Jadi dengan sistem ini selain menghemat biaya sampai Rp2 juta untuk mencetak kertas, hasilnya penghitungannya juga lebih cepat. Dan juga hal ini dapat mencegah adanya suara ganda maupun yang golput,” akunya disela pemiluos, Kamis (7/9). (korankito.com/ejak)