Asah Kemampuan Robotik Siswa, Disdik Sumsel Rutin Lakukan ini

Pengujian spesifikasi robot oleh tim juri. Foto/ejak

Palembang – Guna mengasah kemampuan siswa dalam bidang robotik, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) rutin gelar lomba robotik tingkat pelajar.

Kepala Disdik Sumsel, Widodo melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Graha Teknologi Muhammad Taufik mengatakan, lomba robotik tersebut guna mengasa kemampuan siswa dalam dunia elektronik. “Ada sebanyak 60 sekolah dari jenjang sekolah dasar (SD)/sederajat hingga sekolah menengah atas (SMA)/sederajat yang mengikuti lomba robotik kali ini di SMAN 17 Palembang,” ungkapnya disela kegiatan, Kamis (7/9).

Materi lombanya sendiri ada tiga macam, yakni tingkat SD lomba robot sumo analog atau robot bertarung, jenjang SMP robot line follower analog dan SMA robot line follower mikro. “Peserta tidak kita tunjuk melainkan mereka yang sudah siap ikut lomba. Para pemenang ini nantinya akan dikirim ketingkat nasional, pada 27-28 September di Malang,” paparnya.

Sementara salah satu tim peserta lomba robotik asal SMAN 4 Palembang
SMAN 4 Palembang Kresna Nugroho yang didampingi rekannya M Akbar Aditya mengatakan, timnya mengikuti lomba robot line follower mikro hanya satu tim. Dirinya yakin dapat meraih juara pertama dan mewakili Sumsel, pasalnya timnya ini juga pernah menjuarai kompetisi yang sama untuk tingkat kota pada 2016 lalu.

“Saya optimis kak, sebab kami pernah meraih juara pertama tingkat Kota Palembang pada 2016 di GES Gebyar Elektro Sriwijaya,” pungkasnya. (korankito.com/ejak)