Waspada! Ratusan Unggas Peliharaan Mati Mendadak

Foto/waluyo

Banyuasin,- Sepekan ini masyarakat di Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dibuat resah, setelah unggas jenis ayam, entok, itik peliharaannya tiba-tiba mati mendadak. Tanpa diketahui penyebabnya, namun setiap hari satu persatu unggas peliharaannya mati.

Nasro (49) warga Kelurahan Betung kepada wartawan (5/9) mengaku dari berbagai jenis unggas yang berjumlah ratusan dalam sepekan ini habis mati mendadak dan kini yang tersisa hanya kurang dari 20 ekor lagi, katanya.

Dikatakan Nasro, diketahui kalau unggasnya itu akan mati, cirinya terlihat untuk ayam, kalau yang jantan pada cengger terlihat membiru dan dari paruhnya mengeluarkan lendir atau semacam ingusan, termasuk untuk unggas entok pun terlihat gemetar dan hanya berselang 1-3 jam unggasnya langsung mati.

Masih kata Nasro, kalau untuk unggas jenis ayam banyak mati terlihat pada pagi hari, sebab selama ini ayamnya kalau tidurnya diatas pohon, tapi selama sepekan ayamnya setiap pagi mati berjatuhan, jelasnya.

Hal serupa diungkapkan Mandar tetangga Nasro, bahwa puluhan ayam jenis unggul pun hanya hitungan hari ayamnya sudah habis tidak bersisa lagi.

Padahal kata Mandar, semua ayamnya tidak diliarkan dan dikandang, makanan cukup termasuk selalu diberi vaksin, tapi dalam seminggu ini tidak ada tersisa ayamnya.

Nasro dan Mandar mewakili masyarakat di Betung mengharapkan perhatian dari pihak pemerintah terkait, baik dari kecamatan maupun kabupaten agar dapat segera mengambil tindakan untuk menanggulangi keresahan masyarakat ini. (korankito.com/waluyo/mbam)