Kecamatan Lalan Akan Dialiri Listrik PLN

Kunjungan Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan Palembang, Jumat (1/9). Foto/Heri.

Muba – Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi didampingi Asisten II Setda Muba H Sulaiman Zakaria, Kepala Bagian Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda Muba Erdiansyah, dan Direktur PT Mep Syamsu Indera melakukan kunjungan kerja ke Kantor PT PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan Palembang, Jumat (1/9). Kunjungan ini dalam rangka rangka konsolidasi perkembangan pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin, tindak lanjut pembangunan jaringan listrik, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Kecamatan Betung ke Sekayu, dan tindak lanjut pembangunan jaringan listrik SSUT Kecamatan Sungai Lilin.

 
“Mudah-mudahan tepat kita datang kesini (Kantor PLN) sehubungan dengan pembangunan jaringan listrik ke Kecamatan Lalan yang selama ini kita suplai melalui PT Mep,” ujar Beni
 
Wabup menjelaskan jika selama ini listrik di Kecamatan Lalan di suplai dari PT Muba Electrik Power yang merupakan BUMD Kabupaten Banyuasin, kedepannya Kecamatan Lalan akan dialiri listrik dari PT PLN. Terkait pembangunan SUTT dari Gardu Induk Sungai Lilin ke Gardu Induk Betung, dan Gardu Induk Sekayu, Wabup mengatakan siap membantu PLN untuk mengatasi kendala yang menghambat pembangunan, melalui Tim Satgas Percepatan Infrastruktur Kelistrikan Muba.
 
Direktur PT Mep Syamsu Indera mengungkapkan, pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) direncanakan dari Gardu Induk C3 Sungai Lilin, melalui Simpang Paoh, Station Gersik, serta melewati PT Lonsum, Pinang Mas, dan PT Banyu Kanuripan Indonesia, hingga P20 Desa Karang Agung Kecamatan Lalan.
 
“Sudah kita survei total jarak dari Gardu Induk C3 ke P20 sepanjang 109,914 Km. Untuk mobilisasi tiang listrik melalui jalan perkebunan,” papar Syamsu.
 
Sementara itu General Menager PT PLN UIP Sumbagsel Daddy Murinho mengatakan, pembangunan harus melibatkan seluruh komponen, mulai dari masyarakat, pemerintah, TNI dan Polri.
 
“Untuk pembangunan jaringan SUTT dari GI Sungai Lilin, Betung, dan Sekayu, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba selama ini telah membantu pekerjaan kami sehingga sekarang progresnya sudah mulai kelihatan. Harapan kami bulan September atau Oktober mendatang dapat diselesaikan,” tuturnya. (korankito.com/heri/amel).