Danramil 401-07/Mariana Bersama Distan Banyuasin Basmi Hama Tikus

Danramil 401-07/Mariana Bersama petani, Distan Banyuasin Basmi Hama Tikus Foto/Ist.

Banyuasin – Danramil 401-07/Mariana Kapten Inf H Daspini didampingi para Babinsa, petani, Kepala Dinas Pertanian Sumsel dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin melakukan perburuan untuk membasmi hama tikus yang menyerang sawah milik petani di Desa Ganesha Mukti Kecamatan Muara Sugihan, Selasa (29/8) malam. Yang mana hama tikus tersebut dalam mengganggu produktivitas padi milik petani.

“Alhamdulilah berkat kekompakan semua pihak dan semangat kebersamaan dapat membuahkan hasil. Ratusan bahkan ada ribuan hama tikus sawah dapat kita tangkap,” terang Danramil 401-07/Mariana Kapten Inf H Daspini, Rabu (30/8).

Menurutnya, kegiatan semacam ini akan dilakukan bersama petani dan penyuluh pertanian baik dari provinsi Sumatera Selatan maupun Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin diwilayah teritorialnya, guna mendukung penekanan hama penyakit padi sawah pada musim tanam September tahun ini. Dengan begitu realisasi pencapaian sesuai target pangan dari produk beras petani di Kabupaten Banyuasin musim tanam September tahun 2017 akan tercapai.

“Kegiatan ini kita terus lakukan setiap malam melihat kondisi alam. Peralatan yang di gunakan seperti senter, tangkar, senapan angin dan parang, jadinya kan lebih hemat biaya sehingga para petani bersama pemuda desa bisa ikut serta, bahkan lebih bersemangat,” tuturnya.

Terpisah, Kadistan Pemkab Banyuasin H Syuhada Adjis berharap dalam percepatan musim taman padi sawah pada bulan September tahun ini bisa terealisasi.

“Hama tikus termasuk musuh berat bagi petani, maka dengan dilakukan perburuan yang dikomandoi Danramil beserta anggotanya bersama masyarakat, petani dapat menekan serangan hama itu,” jelasnya seraya berdoa semoga para petani bisa sukses dan mampu memproduksi pangan dari beras. (korankito.com/waluyo/amel)