Yayasan Masjid Agung Siapkan 1.000 Kupon Daging

Pemotongan hewan kurban. Foto/Ist

Palembang – Sedikitnya 1.000 kupon akan disiapkan pihak Yayasan Masjid Agung Palembang pada Idul Adha 1438 H yang akan jatuh pada 1 September mendatang. Sekretaris Panitia Idul Adha Yayasan Masjid Agung Palembang, Syukri Mascik Azhari, mengungkapkan ada penurunan kupon yang disiapkan untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar pada tahun ini, yang mana pada tahun sebelumnya, pihaknya menyiapkan 2.000 kupon untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya.

“Tergantung dengan sapi yang ada. Kalau tahun kemarin ada sekitar 10 sapi dan 23 kambing. Nah untuk tahun ini sepertinya jauh lebih sedikit,” ungkapnya.

Menurunnya kupon yang disiapkan terangnya dikarenakan masih sedikitnya warga yang akan berkurban di tahun ini. Terhitung saat ini yang mendaftar, Walikota Palembang H. Harnojoyo dan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Alex Noerdin.
“Sedangkan kambing baru satu. Tapi kami tetap menyiapkan sekitar 1.000 kupon untuk tahun ini,” tuturnya.

Ia menerangkan, pembagian kupon akan dilakukan pada hari raya nanti (1/9), dimana pihaknya memprioritaskan kupon untuk masyarakat sekitar Masjid Agung. Jika ada sisanya baru akan dibagikan kepada masyarakat luar.

“Sementara untuk imam Sholat Idul Adha, masih tetap dilakukan oleh H. Kgs Ahmad Nawawi Dencik Alhafidz. Pelaksanaan juga seperti tahun sebelumnya, ada wako dan gubernur bersama stafnya. Pelaksanaan sholat dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Karena kebetulan hari Jum’at maka pemotongan hewan kurban baru akan dilakukan hari Sabtu,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan, Pengendalian dan Operasional, Martha Edison mengatakan, agar pelaksanaan sholat Idul Adha nantinya berjalan dengan lancar, pihaknya akan melakukan penutupan sementara Jembatan Ampera. Penutupan dimulai dari pangkal Jembatan 7 Ulu hingga menuju Jalan Jenderal Sudirman menuju ke Jalan Merdeka.

“Penutupan berlangsung mulai dari pelaksanaan Sholat Subuh hingga pukul 09.00 WIB usai pelaksanaan sholat Idul Adha,” terangnya.

Menurutnya penutupan ini dilakukan agar masyarakat bisa melaksanakan sholat Idul Adha 1438 H dengan khusyuk dan tenang. “Ini sebagai bentuk penghormatan untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah. untuk masyarakat yang tidak ikut melaksanakan Sholat Ied agar berdiam diri dirumah. Tidak ada jalan alternatif, yang tidak sholat diam dirumah saja dulu untuk saling menghargai,” tuturnya.

Martha juga mengimbau, kepada masyarakat untuk sholat bersama di Masjid Agung Palembang sehingga lebih ramai. “Nah untuk kawasan Ilir di tutup mulai dari Jalan Sudirman dan Jalan Merdeka, nantinya parkir akan kami siapkan di Jalan Nusa Indah dan Sudirman,” pungkasnya. (korankito.com/raya/amel.