227 Kades Muba Mendadak Test Urine

Suasana Test urine 227 kades Muba, yang merupakan kerjasama antara Pemkab Muba dengan BNN Kab Muba

MUBA- Pada hari Jumat (25/9) 227 kepala desa di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) menghadiri acara pembukaan Sosialisasi Dana Desa dan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) di auditorium Pemkab Muba,  akan tetapi sontak para kepala desa terkejut karena pintu ruangan tiba-tiba ditutup dan tak satupun ada yang boleh keluar atau masuk ruangan tersebut.

Namun setelah mendapat penjelasan melalui pengeras suara bahwa akan dilakukan test urine maka seluruh yang hadir menjadi paham walaupun terdapat beberapa kades yang tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya.

Dikatakan Plt Sekda Pemkab Muba, Drs H Apriyadi Msi bahwa tes urine tersebut sengaja dilakukan secara mendadak dan diikuti seluruh kades di Kabupaten Muba. “Semua kades hari ini hadir, kebetulan ada sosialisasi soal penggunaan dana desa jadi mereka semua hadir,” terangnya.

“Jadi Kades di Muba ini tidak hanya dituntut untuk bersih dari tindak pidana korupsi saja, tetapi juga harus bersih dari penggunaan narkotika,” ujar Plt Sekda Pemkab Muba, Drs H Apriyadi MSi.

Apriyadi menegaskan, apabila ada Kades yang positif menggunakan narkoba dari hasil laboratorium BNN maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

“Tindak tegas, tentu ada sanksi yang akan diberikan,” tegasnya.

Sementara itu, Perwakilan BNN, Deby menuturkan pihaknya akan mengkaji hasil tes urine seluruh kades di Muba. “Hasilnya nanti akan kita berikan ke Pemda dan akan ditindaklanjuti,” imbuhnya.(korankito.com/Heri/mbam)