Pencuri Ponsel Anggota Paskibraka Banyuasin Diringkus

Tersangka saat diamankan di Mapolsek Betung. KORANKITO/WALUYO

Banyuasin- Friyono alias Ono (29), warga Komplek Perumnas Griya Azhar, Kelurahan Rimba Asam, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, ditangkap Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Betung.

Tersangka ditangkapan saat berada dikediamannya, lantaran telah mencuri beberapa unit ponsel milik anggota Paskibraka yang sedang latihan di lapangan bola atau tempat upacara hari kemerdekaan, Kecamatan Betung.

Berdasarkan data yang dihimpun, ulah tersangka ini terjadi 10 Agustus sekitar pukul 11.00. Dimana, ketika itu korban Agus, Rizky, Rian, Tiara Antika, Lusi, Marcela, Tuda dan Andini bersama teman lainnya sedang latihan pengibaran bendera di lokasi.

Mereka meletakan tas disisi lapangan yang berada sekitar 50 meter. Kemudian, para korban mendapatkan kabar, bahwa tas miliknya sudah terbuka dan berantakan. Benar saja, saat dicek ternyata ponsel serta uang para korban sudah raib.

Atas kejadian tersebut, ketujuh korban pun mengalami kerugian mencapai belasan juta dan membuat pengaduan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Betung.

“Mendapatkan laporan itu, kita lakukan penyelidikan hingga berhasil menangkap satu orang pelaku,” kata Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi melalui Kapolsek Betung AKP Zulfikar didampingi Kanit Reskrim Iptu Sugeng Sarwan.

Lebih lanjut, ia mengatakan modus operandi yang digunakan pelaku dengan mendekati tas milik para korban dan langsung mengambil barang berharga. Setelah berhasil, tersangka pun menjualkan ponsel tersebut secara terpisah-pisah.

“Ada juga yang digunakannya sendiri, tersangka berikut barang bukti sudah kita amankan di Polsek Betung, saat ini sedang kita dalami diduga masih ada tempat kejadian perkara (TKP) lainnya,” tutur Sugeng.

Sedangkan, lanjutnya, untuk barang bukti pihaknya sudah mengamankan lima unit ponsel milik korban. “Pengakuannya sendirian, kita akan terapkan Pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan diatas lima tahun penjara,” tutupnya. korankito.com/waluyo/depe.