Terkendala Persyaratan, Bandara Atung Bungsu Belum Dikelola Kemenhub

Bandara Atung Bungsu Pagaralam. (Foto/repi)

Pagaralam-Hingga saat ini Bandara Atung Bungsu Pagaralam masih dikelola oleh UPTD Bandara setempat. Pasalnya, belum diserahkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sehingga untuk operasional Bandara Atung Bungsu masih disubsidi oleh Pemerintah Provinsi.

Kepala UPTD Bandara Atung Bungsu,Joko Purnomo ketika dikonfirmasi via ponselnya,Jumat (25/08) menjelaskan, karena belum diserahkan ke Kemenhub otomatis untuk operasional nya disubsidi oleh Propinsi. “baik maskapai Transnusa maupun Wings Air.”

Dalam konteks ini yang disubsidi adalah total operasional cost (TOC)- dan bukan tiketnya yang disubsidi melainkan operasional karena tidak pernah ada subsidi tiket pesawat, terangnya.

Dilanjutkan Joko, masih ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga belum diserahkannya Bandara Atung Bungsu ke Kemenhub.

Menurut Joko, Bandara Silampari saja mencapai empat tahunan baru diserahkan ke Kemenhub.”Setelah 4 tahun Bandara Silampari Linggau baru dapat diserahkan dan dikelola oleh Kemenhub,”bandingnya.

Untuk dapat diserahkan ke Kemenhub cukup banyak persyaratan yang dibutuhkan, sementara kita belum siap atau masih  mengalami kendala. Jadi soal menyerahkan Bandara ke Kemenhub tidak segampang membalik telapak tangan, Kalau boleh disebut masih dalam proses,pungkasnya.(korankito.com/repi/mbam)