Hanya Karena Saling Pandang, Siswa SMA 3 Lahat Saling Pukul

Suasana dilokasi kejadian saling pukul antar pelajar Jumat (25/8)

LAHAT – Suasana siang hari Jum’at (25/08/2017) di seputar lapangan ex MTQ Kota Lahat mendadak heboh. Pasalnya, di lokasi yang seringkali dijadikan tempat nongkrong oleh para kawula muda ini terjadi bentrok antar sejumlah siswa berseragam SMA yang ada di Kota Lahat.

Pantauan di lokasi, beberapa menit sebelumnya sekira pukul 11. 00 wib datang arak-arakan konvoi bersepeda motor ratusan pelajar seperti melakukan sweeping berkali kali mengelilingi seputar area lapangan yang dimaksud. Bahkan nampaknya aeperti ada yang sedang dicari oleh para siswa ini.

Selang beberapa menit kemudian, datang beberapa pelajar yang dengan jumlah tak kurang dari 50 pelajar datang ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) juga dengan kendaraan bermotor.

Dalam hitungan detik, tiba tiba kelompok pelajar bermotor yang sebelumnya sudah melakukan sweeping, kembali mendatangi lokasi dan langsung melakukan pemukulan terhadap salah satu pelajar. Suasanapun pecah, adu jotos bak pertarungan tinjupun terjadi bahkan kejadian ini membuat ngeri pedagang yang sedang beraktifitas diseputaran lokasi kejadian.

Atas kejadian ini, beberapa anggota TNI dari Kodim 0405 yang kebetulan sedang beristirahat di lokasi kejadian, ikut turun tangan untuk meredam tawuran antar pelajar ini.

Informasi yang didapat dari keterangan salah seorang siswi yang saat itu berada di lapangan menyebutkan, bahwa tawuran ini melibatkan antara kakak kelas dan adik kelas di satu sekolah yang sama.

“Itu kakak kelas kito, se-sekolahan dengan kito di SMA 3 Lahat. Aku tau namonyo. Dio baru pindahan dari SMA 5 Lahat,” ujar DL yang merupakan salah satu pelajar yang ikut menyaksikan kejadian tersebut.

Adalah AL, yang menjadi korban penyerangan yang diduga dilakukan oleh kakak tingkatnya tersebut, menjelaskan sumber dari pemukulan ini. Menurut AL, cikal bakal kejadian berawal dari ketersinggungan saat saling tatap muka.

“Baru pindah dio tu pak, dio tu kakak kelas aku. Namonyo Bintang, dio pindahan dari SMA 5, asalnyo dio tu nak ngijakke (mengatur, red) kami, nah mentang mentang kami adek kelas dio nak sekendak, ngampuk nian dio pak. Dio yang duluan ngajak rombongan, aku jugo ngajak kak,” cerita AL saat dibincang.

Dijelaskan AL, didirnya adalah korban dari kejadian ini. diungkapkan AL sebenarnya yang sedang bertikai tersebut adalah sahabatnya yang bernama Abi.

“Kawan sekelas yang ribut dengan dio namonyo Abi, dio tadi bawa wong banyak nian pak. Cuma untung pas dio mukul aku, aku pake helm jadi aku dak apo apo cuma memar dikit, karno mbela diri aku cucuk (tusuk, red) Bintang samo kunci motor aku,” ujarnya.

Untuk meminta keterangan detail terkait pertikaian pelajar satu sekolah ini, korankito mendatangi SMA yang dimaksud. Namun tiba disekolah gerbangnya sudah ditutup, hingga belum mendapat keterangan resmi dari pihak sekolah. (korankito.com/ujang/mbam)