Berkas Pungli Dana Desa Empatlawang Dilimpahkan

KORANKITO/IST

Empatlawang- Berkas perkara dugaan pungli dana desa (DD), di Kabupaten Empatlawang, dengan tersangka mantan Kepala DPMDP3A Kabupaten Empatlawang, Alhumaidi Saman, sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Empatlawang dan siap dilimpahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Palembang.

“Ya sudah, berkas perkara atas nama Alhumaidi Saman, sudah P21. Insyaallah hari ini akan kita bawa ke pengadilan Tipikor Palembang,” ungkap Kepala Kejari Empatlawang, Azwad Z Hakim, saat di bincangi di Tebing Tinggi, Kamis (24/8) siang.

Azwad mengatakan sidang perdana kasus pungli dana desa akan digelar paling lambat dua minggu setelah berkas dilimpahkan. “Paling lama dua pekan, paling cepat satu pekan, sidang sudah mulai digelar di pengadilan Tipikor,” ujarnya.

Masih kata Azwad, pihaknya menyiapkan pasal berlapis untuk tersangka, dengan ancaman hukuman bervariasi dari yang minimal 4 tahun penjara dan tanpa batasan minimal maupun maksimal. “Sesuai berkas yang diajukan pihak kepolisian, ada 4 pasal berlapis untuk menjerat tersangka. Nanti kita lihat perkembangannya di pengadilan,” urainya.

Kemungkinan lanjut dia, tersangka akan kita titipkan di Palembang, selama proses pengadilan berlangsung. Hal ini untuk menjaga kondisi tersangka tetap fit, selama mengikuti proses pengadilan.

“Karena jarak ke Palembang itu cukup jauh, kemungkinan besar tersangka juga akan kita titip di Palembang. Kalau bolak-balik kan bisa sakit, kalau nanti sakit, bisa-bisa persidangan ditunda,” cetusnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Alhumaidi Saman disangkakan menerima uang sebesar Rp32,5 Juta dari tiga Kepala Desa yakni Desa Padang Titiran, Karang Are dan Kades Canggu, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empatlawang, di Kantor DPMDP3A Kabupaten Empatlawang, Selasa (20/6) sekitar pukul 13.00 WIB.

Uang tersebut diduga merupakan setoran wajib setiap Kades kepada Kepala DPMDP3A Empatlawang, terkait telah dicairkannya dana desa termin pertama di wilayah Kecamatan Talang Padang. korankito.com/rodi/depe.