Kepergok Curi Plat Besi PT Pertamina Rizki Diamankan

Tersangka saat diamankan di Mapolsek Mariana. KORANKITO/DEPE.

Banyuasin- Rizki Nanda Mareza (18), warga Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel ini tak menyangka akan berurusan dengan pihak kepolisian Polsek Mariana.

Pasalnya, ia bersama ketiga temannya YN, AD, dan ON kepergok oleh petugas keamanan PT Pertamina dan anggota kepolisian Polsek Mariana sedang mencuri plat besi di kilang minyak milik PT Pertamina.

Namun saat ditangkap, ketiga temannya tersebut berhasil meloloskan diri dari sergapan petugas kepolisian. Sementara Rizki tak sempat kabur, sehingga bersama barang bukti ia digelandang ke Mapolsek Mariana.

Berdasarkan data dihimpun, ulah pelaku berawal saat ia bersama teman-temannya mendatangi kilang minyak PT Pertamina yang berada di Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Senin (21/8) pagi.

Kemudian, YN dan AD masuk ke dalam kawasan kilang minyak dengan membawa peralatan pemotong las. Sedangkan, ON dan tersangka Rizki menunggu diatas perahu sambil melihat-lihat keadaan sekitar.

Saat memotong besi plat,YN dan AD melihat kedatangan petugas keamanan serta anggota polisi, sehingga keduanya langsung melarikan diri yang disusul oleh ON. Sial bagi Rizki, saat hendak kabur dirinya berhasil ditangkap.

Kapolsek Mariana AKP Naziruddin didampingi Kanit Reskrim Iptu Apryadi mengatakan setelah mendapatkan informasi dari warga adanya tindakan pencurian plat besi, pihaknya langsung melakukan penyergapan.

“Saat kita sergap tiga pelaku berhasil lolos telah mengetahui kedatangan petugas, sedangkan satu pelaku berinisial R berhasil kita amankan,” kata Naziruddin saat dimintai konfirmasi, Selasa (22/8) siang.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan selain tersangka pihaknya juga berhasil mengamankan plat besi dengan panjang sekitar 2 meter, satu tabung gas 3 kilogram, satu tabung oksigen, kabel las, dan dua perahu.

“Tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas lima tahun penjara. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku baru satu kali ini melakukan aksi pencurian,” tuturnya.

Ia pun mengimbau, untuk ketiga pelaku yang masih buron agar segera menyerahkan diri lantaran pihaknya sudah mengantongi nama-nama pelaku. “Mereka akan terus kita lakukan pengejaran,” tutup Naziruddin. korankito.com/waluyo/depe.