Ryan Nirwan Sabet Catatan Waktu Tercepat Kalahkan 24 Perally

Foto/nisa

Indralaya – Perally asal Kalimantan Timur Ryan Nirwan menguasai seri ke-4 Kejurnas Sprint Rally 2017 di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, setelah mencetak catatan waktu tercepat mengalahkan 24 perally lainnya, Sabtu (19/8).

Ryan Nirwan yang didampingi navigatornya Adi Indiarto mampu menjaga performanya di 3 Spesial Stage (SS) dengan total jarak 4,5 km per SS, berkat kepiawaiannya mengatur kecepatan.
   

Foto/nisa

Perally yang tergabung dalam Tim BMR Motorsport mengendarai kendaraan Subaru WRX tampil menjadi pemenang pada M1 dengan membukukan catatan waktu 0.11.55,0.
   
Sementara peringkat kedua ditempati Benny Lautan/Edwin Nasution asal Sumut dari Tim Speed Line Motorsport dengan catatan waktu 0.11.59,0, dan tempat ketiga Priamanaya Djan/Hery Koentoyo dari FBRT Sport dengan catatan waktu 0.12.39,1.
   
“Track-nya tidak mudah, semakin lama semakin licin dan begitu pula dengan debunya. Kami pun terpaksa mengurangi kecepatan karena jika terus digeber justru semakin terjebak,” ungkap Ryan.
   
Juara Kejurnas Sprint Rally tahun 2016 ini mengatakan pada SS 1 sempat mencapai top speed, namun memasuki SS 2 mulai bergerak turun kecepatannya, bahkan semakin turun pada SS 3. Rupanya hal ini juga terjadi pada perally lainnya.
   
“Bahkan kami sempat keluar jalur, tapi bersyukur sekali bisa kembali dan kejar top speed di SS 3,” ujar dia.
   
Sebanyak 25 pereli ambil bagian pada Kejurnas ini yang dibagi dalam tiga kelompok yakni seeded A, seeded B, dan non-seeded.
   
Karena ketatnya persaingan dengan perally nasional Benny Lautan/Edwin Nasution asal Sumatera Utara, Ryan sendiri tidak menyangka dirinya akan keluar sebagai juara umum. Begitu pula dengan pereli yang memenangi untuk kategori non-seeded Andi Batara/Adi Wibowo.
   
Meski telah keluar sebagai yang terbaik pada Kejurnas Sprint, Ryan tidak berpuas diri karena juga membidik gelar di seri ke-1 Kejurnas Speed Rally.
   
“Saya yakin tentunya teman-teman akan berusaha mengalahkan saya besok. Saya sendiri sudah siap baik fisik dan mental karena besok akan mempertandingkan 9 SS, yangmana tiap SS ada belasan kilometer dengan total 143 km,” kata Ryan.  

Sementara itu, perally nasional lainnya Benny Lautan berharap cuaca cukup bersahabat agar bisa mencapai top speed pada pertandingan besok.

Kejurnas Rally 2017 ini akan terus berlanjut pada Minggu (20/8) dengan mempertandingkan nomor Speed Rally. Pada nomor ini sebanyak 25 pereli ambil bagian untuk menjajal lintasan di perkebunan tebu Cinta Manis, Ogan Ilir.(korankito.com/mbam)