Mitos atau Fakta? Mandi Malam Menyebabkan Rematik

Ilustrasi/973thedawg.com

Sebenarnya, penyakit rematik banyak dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Jadi, apabila seseorang mengalami rematik mandi pada malam hari maka sekujur tubuhnya akan merasakan kesakitan.


Dari fenomena tersebut berkembanglah mitos yang mengatakan jika mandi malam menyebabkan rematik. Padahal penyakit rematik ini dapat disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang keliru mengindetifikasi jaringan-jaringan sendi sebagai benda asing yang harus dikeluarkan atau dikalahkan.
Akibatnya, sendi-sendi pada tubuh mengalami pembengkakan karena adanya perlawanan dari imun tubuh, sehingga tubuh terasa kaku dan sakit. Alhasil, muncullah rasa lelah, nyeri pada otot kehilangan nafsu makan dan bahkan dapat menyebabkan demam.

Pada Kondisi Tertentu, Tetap Dianjurkan Mandi Malam

Pada beberapa kondisi, mandi malam justru dianjurkan. Misalnya, saat seseorang akan menjalankan operasi, makan si pasien dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelumnya.


Mandi malam juga dianjurkan untuk orang yang banyak berkeringat pada siang harinya. Mandilah pada malam hari sebelum tidur atau paling tidak cucilah ketiak dan kaki bila baunya kurang sedap.

Sebaiknya Gunakan Air Hangat

Mandi dengan air dingin sebenarnya sangat bagus bagi tubuh, namun sebaiknya tidak  dilakukan saat malam hari. Pilihlah air hangat untuk mandi malam. Selain dapat melawan suhu udara yang dingin saat malam hari, air hangat memiliki khasiat melepaskan ketegangan dan otot-otot yang terasa kaku.
Sedangkan mandi dengan air dingin selama 5 menit memang bisa membantu membuat shock tubuh sehingga lebih segar. Tapi jika daya tahan tubuh sedang menurun, bukan tidak mungkin justru dapat mendatangkan penyakit seperti demam dan flu.

Jangan Mandi Malam Bila Kondisi Tubuh Tidak Fit

Jika kondisi tubuhml kurang fit, sebaiknya jangan dulu mandi malam. Sebab, mandi malam juga bisa mengganggu metabolisme tubuh. Ketika malam hari, suhu tubuh cenderung mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Sementara saat mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan hormon tubuh.
Tidak disarankan juga untuk mandi malam terlalu lama. Mandi malam juga dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini disebabkan air dingin berpengaruh pada kulit sehingga menyebabkan keriput. Maka sebaiknya mandi malam tidak lebih dari 30 menit saja.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mandi malam?

(korankito.com/berbagaisumber/mbam)