12 Tukang Becak Ramaikan Lomba Nyanyi Indonesia Raya

Salah satu tukang becak peserta lomba menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di SMAN 3 Palembang. foto/ejak

 

Palembang – KORKIT

Dalam menyambut dirgahayu ke-72 Republik Indonesia (RI), sebanyak 12 tukang becak mengikuti lomba menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Palembang, Selasa (15/8).

 

Dari pantauan Koran Kito di lapangan, meski ada yang terbata-bata dan sampai membawa teks lagunya, para pengendara moda transportasi manual roda tiga ini tetap antusias menyanyi di atas podium yang disaksikan oleh segenap siswa dan guru yang hadir di halaman upacara SMAN 3 Palembang.

 

Kepala SMAN 3 Palembang, Rusdiana mengaku, memang dari setiap tahun pihaknya menyelenggarakan lomba-lomba untuk masyarakat di lingkungan SMAN 3 Palembang, khususnya yang kurang mampu. “Tahun lalu kita ajak mereka untuk ikut lomba pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Dan tahun ini mereka juga ikut lomba menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” ujarnya disela kegiatan lomba, Selasa (15/8).

 

Kegiatan ini, lanjutnya, selain untuk membina lingkungan di sekitar sekolah juga bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme mereka. “Seperti yang kita ketahui mereka itu sibuk mencari nafkah untuk kehidupan sehari-hari, makanya dengan kesempatan ini, kami ingin mereka tetap memiliki nilai nasionalis dengan kegiatan tersebut,” katanya.

 

Dikatakannya, untuk hadiahnya sendiri mereka akan mendapatkan sejumlah uang dan bingkisan lainnya. “Meski ada yang tidak juara, tetap kita beri hadiah. Ini sebagai motivasi mereka agar tetap antusian untuk mengikuti lomba serupa di kesempatan berikutnya,” jelasnya.

 

Selain itu, pihaknya juga menggelar beraneka lomba untuk siswanya yang diprakarsai oleh anak Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolahnya, seperti lomba balap karung, makan kerupuk, tari tradisional, menyanyi solo, lomba baca puisi dan berbagai lomba menarik lainnya. “Seluruhnya juga ikut lomba, dari staf, guru, siswa dan saya pun ikut lomba. Bahkan mahasiswa yang sedang praktik disini pun ikut,” akunya.

 

Terpisah, Kepala SMAN 6 Palembang, Maryati mengatakan, untuk memeriahkan HUT ke-72 Indonesia ini, pihaknya banyak melakukan kegiatan lomba. Salah satu lomba yang paling ditunggu ialah panjang pinang. “Setiap tahun kita adakan lomba seperti ini. Semua kegiatan lomba serta ide-idenya osis yang menyiapkannya. Kita hanya menyuport dan mendukung saja selagi itu baik untuk mereka,” ungkap Maryati saat ditemui di ruang kerjanya. (korankito.com/ejak)

Suasana lomba panjat pinang di SMAN 6 Palembang. foto/ejak