Wabup Muba Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi ‘Bekarang’

Suasana ‘Bekarang’ yang dilakukan masyarakat Desa Tanah Abang. KORANKITO/HERI

Musi Banyuasin- Guna mengembalikan tradisi atau adat, Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi bersama Kepala Dinas Perikanan Abdul Mukohir, Camat Batang Hari Leko dan ratusan masyarakat Desa Tanah Abang turun langsung dalam acara Bekarang di Desa Tanah abang, Kecamatan Batang Hari Leko tepatnya di Danau Siara, Minggu (13/8/2017). 

Bekarang merupakan tradisi masyarakat Muba berupa aktivitas mencari ikan dengan turun langsung ke sungai, danau, maupun rawa-rawa disaat air surut. Tradisi ini juga menjadi salah satu mata pencarian masyarakat Muba tepatnya di Kecamatan Batang Hari Leko.

Wakil Bupati Beni Hernedi saat diwawancarai mengatakan kegiatan bekarang ini merupakan tradisi masyarakat Muba yang harus terus dilestarikan. “Kalau bukan kita sebagai warga Muba, siapa lagi yang mau melestarikan tradisi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada saat acara bekarang berlangsung, Beni beserta rombongan turun langsung ke lokasi Danau Siara. Beliau terlihat sangat bersemangat bergabung dengan masyarakat Desa Tanah Abang di Danau Siara. Korankito.com/heri/depe.