Wow! Pedestrian Sudirman Parkir Gratis

Walikota Palembang dalam acara launching parkir gratis, bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang, Jum’at (11/8)

Palembang – Karena banyaknya laporan pengaduan dari masyarakat Kota Palembang yang mengeluhkan pungutan tarif parkir yang tidak sesuai dengan Peratuan Daerah (Perda) yang ada, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bekerjasama dengan pengelola parkir kawasan pedestrian Sudirman yakni Yayasan Keluarga Parkir Palembang  resmi menggratiskan parkir untuk pengunjung wisata pedestrian tersebut. Walikota Palembang, Harnojoyo dengan disaksikan Dinas Perhubungan (Dishub) dan para Juru Parkir (Jukir) secara resmi melaunching parkir gratis ini, bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang, Jum’at (11/8).

Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, dengan dilaunchingnya parkir gratis ini diharapkan masyarakat yang berkunjung di kawasan Sudirman merasa nyaman. Dengan tidak dibebani dengan tarif parkir yang dipungut sembarangan oleh oknum Jukir.

“Jadi parkir di sepanjang pedestrian Sudirman pada Jum’at malam dan Sabtu malam itu digratiskan. Ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat Palembang. Bukan itu saja, ini juga mengingat yang datang disana tidak hanya warga lokal tapi juga warga luar. Nah, untuk memberikan kenyamanan di setiap destinasi wisata itu sudah kewajiban kita semua,” ungkapnya.

Menurut Harno, mengenai insentif untuk para Jukir kedepan akan dibahas kembali, dengan mendengarkan keluhan dari para Jukir jika ini sudah mulai berjalan. “Kita terapkan dulu, lihat saja nanti tentu akan ada pertimbangan bagaimana baiknya. Mengenai retribusi, itu tidak jadi masalah sebab terlalu kecil kalau berbicara PAD demi kenyamanan masyarakat Palembang,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Keluarga Parkir Palembang, Akex Pandawa Lima mengakui, pihaknya mendukung program Walikota dalam menggratiskan parkiran untuk wisata pedestrian Sudirman ini. Momen ini sangat pas untuk memajukan Palembang, Jukir siap mendukung program Pemerintah dengan menata parkir yang ada guna kebaikan bersama.

“Ini merupakan bentuk partisipasi Jukir dengan siap merugi. Asal program Pemeintah berjalan sesuai harapan. Ini merupakan moment yang pas. Penerapan ini untuk pengunjung pedestrian yang parkirnya di alihkan ke Letkol Iskandar, Atmo dan sekitarnya. Saat ini kami mempunyai anggota 40 Jukir untuk menjaga kawasan ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Palembang, Kurniawan menjelaskan, atas instruksi dari Walikota pihaknya mengajak para Jukir untuk berkomunikasi sebelum ini benar-benar di resmikan, hingga para Jukir menyambut baik rencana ini.

“Artinya gratis itu hanya di Jum’at malam dan Sabtu malam. Jangan sampai mendapat kesan tidak baik dari pengunjung kawasan yang disebabkan penerapan kebijakan parkirnya yang tidak sesuai peraturan. Setelah launching parkir gratis ini maka tinggal pelaksanaannya saja, dan kami akan bekerjasama dengan Pol PP juga untuk pengamannya,” singkatnya. (korankito.com/raya/mbam)