Bisa Dipercaya

SMKN 3 Palembang Ajak Orangtua Aktif Berinteraksi

Suasana sosialisasi penguatan karakter pendidikan anak di aula SMKN 3 Palembang, Kamis (10/8). Foto/ejak

Palembang – KORKIT
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palembang ajak orangtua siswa lebih interaktif dalam berkomunikasi. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan penguatan karakter anak didiknya baik di rumah dan di sekolah.

Pentingnya interaksi yang aktif antara orangtua siswa dan sekolah ini dibahas Kepala SMKN 3 Palembang Hernawati dalan sosialisasi Penguatan Pendidikan Keluarga Meningkatkan Kapasitas Orangtua Dalam Pengasuhan Anak di Aula SMKN 3 Palembang, Kamis (10/8).

Berita Sejenis
1 daripada 3.091

Menurutnya, pendidikan keluarga menjadi hal yang penting dalam penguatan karakter pendidikan anak, mengingat keluarga merupakan ruang lingkup pertama yang didapatkan seorang anak sebelum menjalani pendidikan formal.

“Ini penting bagi perkembangan anak, makanya kita memberikan sosialisasi ini bagi orangtua/wali agar nantinya saat anak sekolah juga tak hanya cerdas tapi juga berkarekter,” katanya disela kegiatan.

Dikatakannya, penguatan pendidikan keluarga ini merupakan kali kedua yang digelar pihaknya, dengan harapan seorang pelajar memiliki bekal karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Kita ingin ada kontribusi orangtua dalam pendidikan anak ini. Karena secara psikologis efeknya ada karena ini kita galakkan sejak tahun lalu,” akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo melalui Kepala Bidang SMA Disdik Sumsel Bonny Syafrian mengatakan, perlu adanya filter dari pihak keluarga dan juga sekolah untuk memberikan pendidikan kepada anak didiknya.

“Berangkat dari hal tersebut, filter penguatan karakter anak harus dilakukan sejak dini, baik dalam pendidikan keluarga maupun sekolah. Mengingat tantangan derasnya pergaulan bebas mulai merong-rong remaja, terutama di era serba gadget yang mulai melenceng penggunaannya,” terangnya.