Bisa Dipercaya

Bripka Toni Hermawan Berencana Dirikan Police Library di Sekolah Terpencil

 

Secara simbolis Bripka Toni Hermawan memberikan bantuan buku kepada Kepala MI Islamiah Palembang, Arma. foto/ist

Palembang – KORKIT

Berita Sejenis

Kisah Anak Putus Sekolah Karena Biaya!

Dampak Gadget Bagi Pelajar

SFC ‘Galau’ Ikut Piala Presiden Atau Tidak

1 daripada 3.089

Di era globalisasi saat ini, minat literasi pelajar sudah bergeser ke penggunaan gadget. Maka dari itu salah satu aparat kepolisian Polisi Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) Bripka Toni Hermawan berencana mendirikan Police Library, terutama di sekolah yang terletak di daerah terpencil.

 

Dikatakan Toni, meski menggunakan uang dari kocek pribadinya dari gaji bulanannya, ia tidak berkeberatan untuk membelikan sebagian uang tersebut buku-buku yang kemudian disumbangkannya ke sekolah-sekolah yang kekurangan buku bacaan maupun pelajaran, khususnya di daerah terpencil. Sebab, diakuinya, buku merupakan jendela dunia yang dapat memberikan wawasan yang dapat merubah masa depan generasi muda.

 

“Apalagi semenjak bertugas di Negara Sudan, Afrika Utara pada 2015 lalu, saya melihat anak disana sudah lancar dalam berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia, setelah saya telusuri. Mereka ini pintar berbahasa karena sering mambaca buku yang dilihatnya, dari sana saya semakin berkeinginan bagaimana anak di Indonesia jangan sampai kalah dengan anak disana,” jelasnya, Sabtu (5/8).

 

Pemberian buku-buku ini, lanjutnya, guna mewujudkan Police Library di sekolah. Dirinya berharap, agar apa yang dilakukannya ini dapa memotivasi dermawan lainnya, khususnya dari sesama aparat kepolisian untuk dapat ikut memberikan uluran tangannya mendirikan Police Library tersebut.

 

“Saya semakin yakin bahwa apa yang diperbuat ini bisa membangun generasi yang lebih pintar. Kita harap bapak Kapolda dan teman-teman di Kepolisian yang ingin memberikan bantuan bisa ikut, sebab dengan Police Library diharapkan semua siswa bisa menikmati berbagai buku yang diberikan,” ungkapnya.

 

Diketahui, dalam pendirian Police Library-nya di Madrasah Ibdita’iyah Islamiyah Palembang dirinya memberikan 100 macam buku dari buku bacaan, buku pelajaran dan buku keagamaan.

 

Sementara itu, Kepala MI Hidayatullah Islamiah Palembang Arma mengatakan, rasa terima kasihnya atas kepedulian dari Toni yang sudah mendirikan Police Library di madrasahnya yang tentu sangat membantu. “Alhamdulilah bapak Toni sudah banyak membantu dan memperhatikan anak-anak di sekolah. Mulai bantuan berupa lokal guru dan perpustakaan serta sumbangan masyarakat, pihaknya berhasil membangun,” terangnya.

 

Terpisah, salah satu orangtua siswa MI Hidayatullah Islamiah Palembang, Heri mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Toni tersebut. Bahkan dirinya berharap agar lebih banyak lagi aparat yang dapat membantu dan peduli terhadap kemajuan pendidikan generasi muda.

 

“Bayangkan jika satu polisi saja sudah bisa membantu puluhan sekolah di Kota Palembang, bagaimana dengan ribuan Polisi yang ada. Tentu saja tidak ada lagi yang namanya sekolah yang mengalami kekurangan baik fasilitas maupun sarana,” pungkasnya. (korankito.com/ejak)