Belum Ada Izin Bupati, Proyek Jargas di Pali Sudah Berjalan

Pemasangan jargas di salah satu titik di Kota Pendopo Talang Ubi

PALI-Sejumlah warga Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyayangkan PT Puncak Mas Utama (PMU) yang merupakan perusahaan pemasangan Jaringan Gas Nasional (Jargasnas) di Kabupaten PALI yang belum mendapat izin dalam pekerjaannya.

Padahal, proses pekerjaan pemasangan jargas tersebut sudah memasuki bulan ketiga sejak bulan Mei. “Setelah baca berita yang dibagikan di jejaring sosial seperti facebook dan whatsapp, saya tidak menduga ternyata pemasangan Jargas belum mendapat izin dari Pak Bupati. Tentu hal ini menjadi catatan hitam bagi perusahaan tersebut,” ungkap Novriyansah (28) warga Kelurahan Talang Ubi Timur, Kecamatan Talang Ubi itu kepada media, Jumat (4/8).

Ia juga menilai, bahwa PT PMU bisa dikatakan kurang teliti dan kurang profesional dalam pekerjaan ini. “Apalagi inikan menyangkut hajat orang banyak. Tentulah harus sepengetahuan dan izin dari kepala daerah. Kepada Ditjen Migas, ini harus menjadi bahan evaluasi agar tepat memilih perusahaan dalam pekerjaan,” tambahnya.

Senada dengan Novriyansah, Pidin selaku Tokoh Pemuda Kabupaten PALI mengaku kaget setelah mendapat informasi bahwa perusahaan yang saat sedang sibuk-sibuknya membangun jargas di PALI belum mendapat izin dari Bupati PALI.

“Hebat yaa perusahaan ini, tanpa mengantongi izin pemerintah setempat sudah bekerja. Kita hanya takut kalau terjadi kesalahan, seperti pemasangan pipa jargas yang kemudian suatu saat meledak, atau kemudian jargasnya tiba menimbulkan bau gas yang menyengat. Terus dikonfirmasi dengan pak bupati, ehh pak bupati tidak tahu kan jadinya lucu. Yang jadi salahan masyarakat pasti tetap pak bupati. Padahal dibalik itu, perusahaannya yang belum ada minta izin sama pak bupati,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan bahwa PT PMU belum mengantongi izin dari Bupati PALI terkait pemasangan jargas di Bumi Serepat Serasan.

Sementara itu, kepada sejumlah media Ade Ramayana mengaku saat ini proses perizinan sedang berjalan. Sementara, untuk Izin prinsip, HO, izin yang lainnya sudah ada tertera di MOU dengan Ditjen Migas.

“Izin sedang berjalan, kami tidak bisa menunggu pak, karena sampai saat ini kami sudah mendapat SP. Selain itu, Izin sudah dibuat oleh Kepala BPMTSP Kabupaten PALI. Karena, pada awalnya cukup kepala dinas saja, tetapi ada perubahan dan harus sampai izin bupati. Dan saat ini proses sudah di Pak Sekda. Sementara, untuk Izin prinsip, HO, izin yang lainnya sudah ada tertera di MOU dengan Ditjen Migas,” terang Ade Ramayana, Project Manager PT PMU beberapa waktu lalu. (korankito.com/cr/mbam)

Teks/Foto :  Pemasangan jargas di salah satu titik di Kota Pendopo Talang Ubi