Uang Nasabah BSB Rp382 Juta Melayang

Salah satu tersangka perampok uang nasabah Bank SumselBabel yang berhasil ditangkap polisi.foto/adi

Palembang-Pelaku berhasil menjarah uang Rp382 juta dari tangan Satpam Bank Sumsel Babel (BSB) Prabumulih yang baru saja mengambil setoran tunai dari nasabah. Lima pelaku masih dalam pengejaran petugas.

Sopani alias Ujang (45), salah satu tersangka perampokan uang Bank SumselBabel sebesar Rp382 juta, berhasil dibekuk Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Selasa (1/8).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penangkapan terhadap Ujang sendiri dilakukan anggota Unit III Subdit III Team Rimau setelah mendapatkan informasi keberadaan pelaku pencurian dengan kekerasan ini sedang berada di Desa Karang Endah, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.

Begitu mendapat informasi tersebut, petugas langsung bergerak mendatangi lokasi keberadaan tersangka. Sesampainya di lokasi yang dituju, anggota langsung menangkap tersangka Sopani yang saat itu sedang berada di pinggir jalan. Setelah diamankan dan diinterogasi oleh polisi, tersangka Sopani mengaku mendapatkan bagian sebesar Rp10 juta dari hasil rampokan uang sebesar Rp382 juta.

Saat dilakukan penangkapan, pelaku yang merupakan warga Lingkungan II, RT02/02, Desa Gelumbang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, mencoba melarikan diri. Tak mau buruannya raib begitu saja, polisi melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak pelaku pada bagian kaki.

Kronologis aksi perampokan yang dilakukan Sopani Cs, bermula pada Senin (17/7) lalu sekitar pukul 09.00. Saat itu korban Andri Lesmana (28), selaku satpam Bank Sumsel Babel ditugaskan untuk mengambil setoran tabungan tunai dari pemilik toko manisan bernama Irawan Arthadinata.

Sesaat setelah Andri Lesmana menerima uang setoran tersebut sebesar Rp382.000.000 dan keluar untuk menuju Bank Sumsel Babel. Kemudian datanglah komplotan pelaku yang langsung menghampiri korban.

Kemudian para pelaku tersebut mengambil uang Rp 382.000.000 tersebut secara paksa sambil menodongkan senjata api. Setelah para pelaku berhasil mengambil uang tersebut, para pelaku melarikan diri ke arah Prabumulih. Atas kejadian tersebut, pihak Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih mengalami kerugian sebesar Rp382 juta.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Erlintang Jaya, mengatakan, tersangka dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan, dan setelah itu dilakukan pemeriksaan guna penyelidikan lebih lanjut.

“Tersangka kita jerat dengan pasal 365 KUHP. Sedangkan untuk tersangka lain masih kita lakukan pengejaran,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (2/8).korankito.com/Adi/drsd