Jelang HUT RI, Penjual Bendera Mulai Marak

Penjula bendera musiman. Foto/cr1.

PALI – Momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu di peringati setiap tahunnya di bulan Agustus menjadi salah satu ajang mencari rezeki bagi konveksi dan pedagang musiman. Terutama pedagang bendera merah putih, umbul-umbul dan atribut lainnya.

Pemandangan ini sudah mulai terlihat awal Agustus, dimana di sepanjang Jalan Merdeka Talang Ubi, di beberapa titik jadi pangkalan penjual bendera merah putih dan berbagai macam bentuk umbul umbul. Dalam menjajakan dagangannya, pedagang musiman ini menempati areal yang strategis di pinggir jalan, sehingga mudah didatangi oleh pengendara yang lalu lalang di sepanjang Jalan.

Seperi yang dilakukan Agus Susanto (35) salah seorang pedagang musiman yang berasal dari Bandung sedikit bercerita tentang usaha yang di digelutinya sejak 90-an. Dimana sejak tahun 1992 dia sudah mulai melakoni usaha menjajakan bendera setiap HUT RI, saat itu usahanya masih di wilayah pulau Jawa. Baru pada tahun 2000 dia mulai memasuki Sumatera.

Dia bersama timnya yang berjumlah 6 orang setiap menjelang bulan Agustus, sudah sering masuk ke Talang Ubi. Berbagai bentuk bendera dia pasang di tempat dia berdagang.

Menurutnya tahun ini, ia menjajakan berbagai bentuk atribut perayaan HUT RI seperti bendera dan umbul-umbul sebanyak 1.800 lembar. Bendera tersebut dijual dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 75.000/lembar.

“Saya bersyukur selain mendapat rezeki dari dagangan juga merasa turut membantu masyarakat yang akan merayakan kemerdekaan,” ungkapnya polos (korankito.com/cr1/amel).