Curi Dompet, Seorang Pemuda Diamankan Polisi

Tersangka saat diamankan di Mapolsek Sungsang. KORANKITO/WALUYO

Palembang- Seorang pemuda berinisial DD (17), tak menyangka akan berurusan dengan pihak kepolisian Polsek Sungsang Banyuasin, lantaran telah mencuri dompet milik Ujang Nanang (49).

Sebelumnya, pemuda yang tinggal di Desa Sungsang II, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin ini diserahkan oleh korban ke pihak kepolisian, Rabu (2/8) sekitar pukul 02.00 dini hari.

Kapolsek Sungsang Banyuasin AKP Andi Akhyat membenarkan pihaknya sudah menerima penyerahan satu tersangka pencurian dan sudah diamankan di Mapolsek Sungsang untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Modus operandinya, ketika korban sedang memperbaiki kapal pompongnya yang rusak, pelaku mengambil dompet di dalam saku celana korban yang digantungkan di dalam kapal tersebut,” ucapnya.

Setelah mengetahui dompetnya hilang, lanjut Andi, korban berusaha mencari keberadaan pelaku yang telah dikenalinya. Sebelumnya, Ujang melihat DD sedang berada di dalam kapal pompong yang berada di sebelah kapalnya.

“Dompet tersebut berisikan uang sebesar Rp3 juta, dan korban terus berusaha mencari keberadaan pelaku hingga malam harinya berhasil ditemukan. Pelaku sempat mengelak, sehingga korban menyerahkan ke kita,” tambahnya.

Setelah menjalani pemeriksaan, tersangka akhirnya mengakui perbuatannya tersebut. Sedangkan, untuk barang bukti pihaknya mengamankan uang sebesar Rp1,5 juta, dompet korban, tabung gas elpiji, dan baju kaos.

“Pengkuan tersangka, uangnya telah ia belikan satu unit ponsel dan beberapa barang bukti yang kita sita. Dia juga mengaku sudah 17 kali beraksi, namun korbannya tidak melapor karena takut,” jelasnya.

Atas perbuatannya tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan diatas lima tahun penjara. korankito.com/waluyo/depe.