Warga Tiga Suku Ikuti Kadarkum

Muratara-Masyarakat Rawas, Jawa dan Bali (Rajawali) Kecamatan Nibung, Senin (31/7), terima penyuluhan hukum dari pihak Kejaksaan Negeri Lubuklinggau.  Kegiatan yang dipusatkan di balai Desa Beringin Makmur diikuti ratusan warga dari tiga suku.

Dalam sambutannya, Camat Nibung Meizar Sukarda, mengatakan, banyak permasalahan di kecamatan Nibung antara lain terkait sengketa lahan antara warga dengan perusahaan.

“Klaim soal tanah yang masih bermasalah, bisa kita pecahkan bersama-sama di forum ini. Mumpung ada ibu Kejari dan pihak kejaksaan bisa warga tanyakan langsung agar warga dapat pemahaman dari aspek hukumnya,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Musirawas Utara (Muratara), H Syarif Hidayat menambahkan, kegiatan penyuluhan hukum ini sangat baik bagi masyarakat desa agar masyarakat jangan sampai jadi korban hukum atas ketidaktahuan mereka dengan hukum.

“Masyarakat harus sadar hukum (Kadarkum), masyarakat harus ngerti tentang hukum,  sehingga ke depannya mereka berhadapan dengan perusahaan apa yang diperbuat ke depannya tidak bermasalah,” ungkapnya.

Terpisah, Kejari Lubuklinggau Zairida menjelaskan, kegiatan kadarkum terus dilakukan pihak Kejaksaan Negeri Lubuklinggau.  Hal ini dianggap sebagai langkah preventif untuk menekan angka kesalahan masyarakat secara luas baik tindakan kriminal maupun tindakan melawan hukum lainya.

“Segala bidang, apapun yang berkaitan dengan hukum silakan ditanyakan. Saya berharap kegiatan semacam ini bisa memberikan dampak positif bagi   warga,”pungkasnya.dhia