Polres Ogan Ilir Tangkap Dua Warga Pembakar Lahan

Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Arief Rifai. KORANKITO/HARRY

Ogan Ilir- Polres Ogan Ilir (OI) berhasil menangkap dua orang warga yang kedapatan membakar lahan dengan sengaja, keduanya yakni berinisial TS dan K.

Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Arief Rifai mengatakan tertangkapnya pelaku berawal dari petugas melihat asap tebal di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan, OI.

“Saat didekati oleh anggota kita, ternyata ada warga yang hendak melarikan diri. Beruntung masih bisa kita amankan,” tuturnya, Kamis (27/7) siang.

Lanjutnya, saat ditanya alasan membakar lahan, pelaku berkata untuk pembibitan, namun dikarenakan angin kencang kurang lebih dua hektar lahan ikut terbakar.

“Kita pastikan kedua pelaku itu, akan diganjar dengan hukuman penjara selama enam tahun. Sepekan terakhir, indikasi kebakaran hutan sangat kuat,” tuturnya.

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan oleh pihaknya untuk mencegah karhutla, seperti memasang baliho dan bersosiaslisai kepada warga-warga.

“Termasuk juga membuat skat kanal-kanal, namun sayangnya peringatan kita itu seperti tidak gubris oleh warga,” tutupnya. Korankito.com/harry/depe.