Bisa Dipercaya

Pungli, Puluhan Pegawai Disdukcapil Digelandang ke Polres Lahat

Lahat-Satuan Reskrim Polres Lahat dipimpin langsung AKP Ginanjar, hari ini Selasa (24/07) sekira pukul 11.30, mendapat laporan dari masyarakat, tentang adanya tindakan curang, yang dilakukan oleh pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lahat.

Kemudian tim sapu bersih (Saber) pungli Polres Lahat langsung mengamankan puluhan karyawan catatan sipil yang diduga melakukan pungli berikut sejumlah barang bukti.

Pantauan di lapangan, nampak beberapa pegawai terkejut melihat kedatangan tim saber pungli ini. Bahkan setelah dilakukan penggeledahan didapati sejumlah uang yang diduga hasil pungli atas jasa kepengurusan berkas data warga.

Berita Sejenis

Gerai Disdukcapil di PS Sepi

Rani Divonis DuaTahun Penjara

Berkas Pungli Dana Desa Empatlawang Dilimpahkan

1 daripada 8

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, melalui Kasat Reskrim AKP Ginanjar, menyebutkan, pihaknya memang telah melakukan OTT di Disdukcapil. Hanya saja untuk kepentingan penyidikan nama- nama terduga dalam kasus ini belum bisa sepenuhnya diekspos.

“Untuk saat ini kita masih mendalami kronologi praktik punglinya dan melakukan pemeriksaan terhadap para terduga. Yang jelas dalam satu ruangan itu akan kita bawa ke Polres dulu. Bahkan ada seorang di antaranya kedapatan membawa uang berbagai pecahan rupiah dalam jumlah yang cukup banyak”, terang Ginanjar.

“Saya sempat perhatikan aktivitas di sana ada yang janggal, karena tidak sesuai alur dan prosedur layanan yang ada,” ungkap Ginanjar. Korankito.com/ujang/drsd