PDIP OKI Berharap Koalisi dengan PKB

Abdiyanto saat mengambil formulir pendaftaran di DPC PKB OKI. foto/endri

OKI – Salah satu kandidat bakal calon bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Abdiyanto berharap para kiyai dan ulama memberikan dukungan kepada dirinya.

“Kami mengharapkan para pengurus dan kiyai serta ulama yang ada di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung pencalonan kami pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, ” ungkap Abdiyanto, saat mengambil formulir pendaftaran calon di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (19/7) sore.

Menurut anggota DPRD dan Ketua DPC PDIP OKI ini, meski PDIP memiliki 9 kursi di DPRD dan bisa mengusung pasangan cabup dan cawabup, dirinya tetap berharap membangun komunikasi dan berkoalisi dengan partai lain termasuk PKB.

“Kami datang ke PKB dengan kekuatan penuh dan menyerahkan proses selanjutnya kepada PKB. Kami sangat optimis PKB akan berkoalisi dengan kami. Di beberapa daerah lain koalisi PDIP dengan PKB sudah berjalan dengan baik termasuk komunikasi secara nasional, selagi bisa saling menopang maka koalisi bisa terjadi, ” tegasnya.

Ketua DPC PKB OKI  Turmudi  menanggapi dengan baik kedatangan Abdiyanto dan timnya. “PKB terbuka untuk semua kandidat,  namun kami tegaskan, PKB tidak menjual ‘perahu’ (partai-red), jika koalisi dengan PKB, pengurus ikut serta untuk memenangkan kandidat yang diusung,” jelas Turmudi.

Saat ini, lanjut Turmudi, PKB memiliki tiga kursi di DPRD sehingga perlu melakukan koalisi. Ia juga membantah adanya pihak yang mengklim PKB condong kepada salah satu kandidat.

“Pada pilkada 2013 lalu,  PKB memang mendukung kandidat tertentu, tetapi sekarang pada posisi netral untuk kandidat, prosesnya dimulai dari sekarang dan semua kandidat memiliki kesempatan yang sama, ” jelas Turmudi.

Pihaknya juga akah memproses setelah kandidat mengembalikan formulir. Selanjutnya akan melakukan, road show dengan para kiyai dan ulama PKB, kemudian melakukan musyawarah dan mengambil kesimpulan untuk mengajukan satu nama kandidat yang akan diusung.korankito.com/endri/drsd