Pilkades Serentak : 19 Kades Lama Terpilih Kembali

Suasana pemilihan Pilkades serentak di salah satu tempat pemungutan suara. Foto/Endri.

OKI – Sedikitnya dari 36 kepala desa (Kades) dan 2 Pjs kades sebelumnya yang mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, 19 orang diantaranya berhasil memenangkan kembali Pilkades serentak yang di gelar di 55 desa dalam 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut. Sedangkan  20 mantan kepala desa (Kades) dan pejabat sementara (pjs) kades lainnya dinyatakan gagal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD), Kabupaten OKI, Fachrurrozi melalui Sekretarisnya Suhaimin mengaku, secara umum pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan sukses, tetapi pihaknya masih memberikan waktu untuk masa sanggahan.

“Kita kasih waktu selama satu pekan, tetapi hingga sekarang belum ada sanggahan. Jika tidak ada sanggahan maka Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan menetapkan kades terpilih. Kita berharap segala permasalahan Pilkades dapat selesai di tingkat desa melalui koordinasi camat,” harapnya.

Suhaimi juga mengatakan setelah tidak ada sanggahan kepala desa ini akan dilantik oleh Bupati OKI.”Terjadwal 30 hari usai pemilihan maka kepala desa akan dilantik oleh Bupati,” tegasnya.

Sementara Bupati OKI H Iskandar menanggapi positif suksesnya pesta demokrasi ditingkat desa ini. Dia mengatakan pendidikan demokrasi di OKI telah berjalan baik mulai dari tingkat desa.

“Seluruh tahapan Pilkades di 55 desa berjalan dengan lancar, dan hasilnya seluruh desa yang menyelenggarakan Pilkades telah memiliki kepala desa terpilih,” pungkasnya. (korankito.com/endri/amel)