Bisa Dipercaya

Pilkades Pedamaran Didominasi Kades Petahana

Proses penghitungan Pilkades serentak di Kecamatan Pedamaran.foto/endri

OKI- Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Senin (17/7), didominasi wajah lama.

Pantauan di lapangan, dari 14 desa yang ada di Kecamatan Pedamaran,  3 desa, yakni Desa Pedamaran I, Pedamaran 3, dan Desa Sukadamai menyelenggarakan pesta demokrasi Pilkades serentak. Pilkades rata-rata diikuti wajah lama atau mantan kepala desa.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Dari hasil penghitungan suara dalam Pilkades Sukadamai dimenangkan oleh kades lama Sukriyadi yang berhasil menyingkirkan lawannya  dengan perolehan suara nomor urut 1 Hidayat 367 suara, nomor urut 2 Sukriyadi 603 suara, dan nomor urut 3 Ari Wibowo 343 suara.

Di Desa Pedamaran I juga dimenangkan oleh kades petahana Andi Sanggara dengan perolehan suara nomor urut 1 Dinianto 626 suara,  nomor urut 2 M Akhiruddin 163 suara,  nomor urut 3 Apriadi 721 suara, dan nomor urut 4 Andi Sanggara 961 suara.

Sedangkan di Desa Pedamaran III,  kades lama Syafaruddin gugur dikalahkan penantangnya Dori Apriansyah dengan perolehan suara nomor urut 1 Asnadi 215 suara,  nomor urut 2 Dori Apriansyah 443 suara, nomor urut 3 Syafarudin 147 suara, dan Asili memperoleh 42 suara.

Camat Pedamaran H Herkoles didampingi Sekretaris Kecamatan Gusnadi Osen, mengatakan, proses pilkades dilaksanakan secara serentak di Kabupaten OKI dengan diikuti 55 desa.  “Untuk Kecamatan Pedamaran, alhamdulillah diikuti tiga desa, semuanya berjalan lancar,  aman dan terkendali, ” ujar Camat.

Herkoles berharap agar kepada kades terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. “Bagi yang kalah,  kami berharap agar dapat menerima kekalahannya dengan legowo,  dan ke depan dapat terus memberikan masukan dan kerjasama dalam membangun desa,” tandas Herkoles.

Salah satu panitia Pilkades Arion dan Ketua BPD Pedamaran I  Erpani mengatakan,  tingkat partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tingkat desa ini cukup tinggi  sehingga pelaksanaannya pun berjalan lancar sesuai tahapan yang ada.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak,  panitia, tim kecamatan,  tim kabupaten,  tim keamanan dan partisipasi masayaralat hingga pilkades berjalan sukses,” pungkasnya.korankito.com/endri