Bisa Dipercaya

55 Desa di OKI Gelar Pilkades Serentak

Sekda OKI Husin dan jajarannya saat memantau pelaksanaan pilkades di OKI. Foto/endri

OKI – Sedikitnya 55 desa di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Senin (17/7). Pelaksanaan pilkades serentak tersebut di pantau langsung Sekretaris Daerah (Sekda) OKI H Husin.

“Kita telah melakukan pemantauan di beberapa kecamatan, hingga proses penghitungan. Alhamdulilah berjalan lancar,” tegas Sekda melakukan pemantauan di Kecamatan Pedamaran.
Berita Sejenis
1 daripada 3
Dikatakannya, jika tidak ada kendala, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI sudah membuat rencana pelantikan pasca pemungutan suara pilkades ini.
“Kita berharap tidak ada kendala dan kami mengimbau, agar para calon semua dapat berbesar hati siap menang dan siap kalah. Sehingga pelantikan akan segera dilaksanakan secepatnya bagi yang menang, ” ujar Husin.
Senada di sampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) OKI, Fahrul Rozi mengatakan, bahwa pilkades serentak tahap kedua ini, diikuti 55 desa. Sebelumnya pada tahun 2015 Pemkab OKI sukses menggelar pilkades serentak untuk tahap pertama.
Sedangkan untuk mengamankan pelaksanaan pilkades tersebut, Polres OKI menurunkan kurang lebih 280 personil. Ditambah personil dari TNI sebanyak 110 personil dan 110 orang dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Kabupaten OKI.
Kapolres OKI AKBP Ade Harianto didampingi Kabag Ops Polres OKI, Kompol Got Parlas Sinaga mengatakan, sesuai permintaan bahwa pengamanan pilkades disetiap desa mengerahkan sebanyak  5 personil kepolisian.
“Kita sudah lakukan antisipasi pengamanan maksimal, dan ada beberapa desa yang tingkat kerawanannya berbeda, sehingga pengamanannya tentu lebih ketat, sejak H-1 sudah kita tempatkan petugas, ”tegasnya.
Selain petugas dari pihak kepolisian, diturunkan juga pengamanan dari personel TNI dan Sat Pol PP, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 503 personel gabungan.
Untuk diketahui 55 Desa yang menggelar pilkades masing-masing di Kecamatan Kayuagung, Teluk Gelam, Cengal, dan Lempuing Jaya masing-masing dua desa. Setelah itu di Kecamatan SP Padang, Pedamaran, Pedamaran Timur, Sungai Menang dan Mesuji Raya masing-masing tiga desa.
Kemudian Kecamatan Jejawi, Pampangan, Pangkalan Lampam masing-masing lima desa. Kecamatan Tanjung Lubuk sebanyak enam desa, Kecamatan Air Sugihan sebanyak delapan desa serta Kecamatan Tulung Selapan dan Kecamatan Lempuing masing-masing satu desa. (korankito.com/endri/amel).