Disdukcapil Musirawas Terapkan Sistem Jemput Bola

Suasana warga yang mengantri untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Musirawas. Foto/Dhia

Musirawas – Menjawab keluhan masyarakat di Desa Bumi Makmur, Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musirawas mengenai sulitnya memperoleh administrasi kependudukan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan melakukan sistem jemput bola. “Dalam waktu dekat akan segera turun tangan mencari solusi terbaik, untuk melakukan inventarisir ulang terkait administrasi kependudukan warga,” ungkap Kepala Disdukcapil, Y Mori.

Ia menjelaskan sistem jempu bola atau yang dikenal dengan program pelayanan Tri In One ini diharapkan mampu menjawab keluhan warga Desa Trans HTI, Bumi Makmur, Kecamatan Muara Lakitan belum lama ini. Pasalnya saat hendak pindah menjadi warga masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematan Ilir (PALI) mengalami kesulitan memperoleh administrasi kependudukan.
Karena itu, pihaknya secara inisiatif mengambil langkah cepat dengan melakukan berbagai tahapan, untuk mempermudah warga masyarakat mendapatkan administrasi. “Tri In One ini, maksudnya kita akan secara bersamaan menerbitkan tiga administrasi, yakni Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e), Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran bagi anak-anak untuk tiap keluarga. Sebab, seluruh masyarakat berhak mendapatkan administrasi penduduk,” jelasnya.
Inventarisir yang dilakukan pihaknya, dikarenakan realita yang kerap terjadi, khususnya di Desa Trans HTI yang setiap tahunnya banyak warga datang dan pergi. “Namun, akan tetap kita kerjakan dulu yang ada, agar nanti datanya bisa fix atau lengkap,” ungkapnya. (korankito.com/dhia/amel).