Bisa Dipercaya

Selamat! Pemkab Muratara Dapatkan Penghargaan Bidang Kesehatan

Foto/hms

Sleman-Lagi-lagi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara mendapatkan penghargaan tingkat nasional, kali ini  menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan.

Bupati Musi Rawas Utara,  H. Syarif Hidayat menerima penghargaan Piagam Paramesti yang telah menerapkan peraturan Bupati Kawasan Tanpa Rokok. Penghargaan langsung diserahkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. H. Mohamad Subuh,  MPPM, bertempat di  The Alana Hotel dan Convention Center,  Sariharjo,  Ngaglik Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu (12/7)

“Alhamdulillah ini merupakan buah dari kerja keras kita semua,”ucap H. Syarif Hidayat kemarin.

Lanjut H.  Syarif Hidayat,  meski kabupaten Musi Rawas Utara baru berusia  empat tahun tapi programnya mensejahterahkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Salah satunya di bidang kesehatan, yakni program prioritas yang telah menetapkan kesehatan  masuk  dalam visi misi Bupati Musi Rawas Utara 5 tahun kedepan.

Sambungnya, dalam menetapkan programnya,  Pemkab Muratara mengacu kepada program nasional yakni keseriusan pemerintah dalam meminimalisir meningkatnya perokok pada usia anak-anak dan remaja.

Sebab berdasarkan data riset kesehatan dasar usia 15 tahun mencapai 36,3 persen pencandu rokok.

Tentunya ini sangat membahayakan generasi bangsa kedepannya, menjadi candu bagi anak-anak maupun remaja sehingga mengurangi semangat remaja dan anak-anak dalam berprestasi.

“Perlu kita ketahui manat pasal 18 ayat (3) Undang-Undang 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah urusan pemerintahan wajib menyelesaikan masalah yakni salah satunya kesehatan, nah Kawasan Tanpa Rokok ini mulai kita tata sejak dini, “ungkapnya.

Oleh sebab itu,  Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara menetapkan regulasinya tentang Kawasan Tanpa Rokok dengan lahirnya Perbup tentang kawasan tanpa rokok nomor 72 tahun 2017.

Dia menyatakan kedepannya regulasi perbup ini akan terus diterapkan dengan baik dan sekaligus diharapkan dapat memberikan contoh bagi daerah lain.

“Seiring waktu nanti kita tingkat kan jadi  Perda,”harapnya.

Terpisah  Kadinkes Muratara, dr.  Mahendera  melalui Sekretaris, Marlinda Sari mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengelola program PTM atas kerjakerasnya, sehingga Pemkab Muratara memperoleh penghargaan.

“Penghargaan ini salah satu indikator bahwa capaian SPM  program PTM sesuai dengan target yang ditentukan

Tetap Semangat,  salam sehat,  salam cerdik,  ayo gerakkan masyarakat sehat, “ajaknya.

Untuk diketahui setelah mendapatkan penghargaan Bupati menerima ucapan selamat dari bupati dan walikota yang hadir, tak ketinggalan Walikota Lubuklinggau,  H. Sn Prana Putra Sohe dan Bupati Musi Rawas,  H. Hendra Gunawan juga memberikan ucapan selamat sekaligus foto bersama. (korankito.com/hms/mbam)