Kapolda Sumsel : TR Ingin Ke Suriah dan Bergabung dengan ISIS

Kapolda Sumsel Irjen Pol Budi Maryoto saat ditemui di Mapolda Sumsel. KORANKITO/ADI

Palembang- Kapolda Sumsel Irjen Pol Budi Maryoto mengatakan, TR terduga simpatisin ISIS yang berhasil pihaknya tangkap mengaku ingin sekali berangkat ke Suriah dan bergabung dengan kelompok disana membela kaum ISIS.

“Dia berkeinginan kesana. Tapi untuk sementara tujuan utamanya polisi, sedangkan yang lainnya belum kami ketahui dan masih dalam penggalian informasi dari barang bukti berupa laptop dan ponsel yang disita,” katanya saat pers rilis, Sabtu (8/7) malam.

Selain itu, lanjut Kapolda, TR merupakan salah satu orang yang bergabung dalam grup telegram sesama simpatisan ISIS. Ia sering memposting bahwa polisi itu thogut dan layak untuk dibunuh. Penangkapannya berawal saat anggota Tim Saber Patrol Polda Sumsel mengetahui kebenarannya.

“Thogut itu tidak sepahaman atau kafir, jadi layak untuk dibunuh. Dari pengakuannya, dia baru tiga bulan terakhir bergabung didalam grup medsos telegram tersebut dan memposting ujaran-ujaran kebencian khususnya terhadap polisi,” tutur Budi.

Sebelumnya, TR warga Pekanbaru yang terduga simpatisan ISIS ditangkap saat razia yang dilakukan jajaran Polsek Gelumbang di Jalan Raya Palembang-Prabumulih, tepatnya depan Mapolsek Gelumbang, sekitar pukul 15.00. TerdugaTerduga, sedang menumpang bus angkutan umum Juwita tujuan Muaraenim-Palembang dan duduk disebelah kiri sopir. Korankito.com/adi/depe.