Hadapi Lonjakan Sampah, DLHK Akui Masih Kekurangan Petugas

Kepala DLHK Kota Palembang Faisal AR. KORANKITO/RAYA

Palembang- Memasuki H-4 Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah tahun 2017 ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang telah siap menghadapi jumlah lonjakan kuota sampah yang sudah rutin terjadi setiap tahunnya.

Kendati demikian, Kepala DLHK Kota Palembang Faisal AR mengakui, pihaknya masih kekurangan petugas dilapangan.

Berita Sejenis
1 daripada 6

“Bukan masih kurang, tapi memang masih kurang nian. Saat ini jumlah pegawai DLHK ada sekitar 1300 orang petugas, sedangkan petugas untuk nyapu jalanan itu ada 323 orang,” ungkapnya saat dihubungi, Rabu (21/6).

Menurut Faisal, pihaknya masih membutuhkan sekitar 500 orang petugas lagi di lapangan guna bisa memaksimalkan kinerja DLHK dalam membersihkan seluruh sampah di Palembang.

“Kan jumlah petugas ini harus sesuai dengan anggaran, karena memang anggaran Pemkot Palembang belum cukup untuk jumlah tersebut, makanya kita sudah ajukan ke anggaran di tahun 2018 mendatang. Mudah-mudahan dikabulkan,” tukas Faisal.

Ia menyebutkan, biasanya menjelang Ramadhan kuota sampah meningkat sekitar 20 persen hingga 30 persen. Dimana hal itu terjadi pada H-1 hingga H+1 Hari Raya Idul Fitri.

“Jumlah kuota pada Hari Raya Idul Fitri biasanya mencapai 1200 ton perhari, dari yang hari biasa sekitar 200 hingga 900 ton perhari, dan Sabtu-Minggu atau libur sekitar 1000 ton per harinya. Dimana sampah-sampah ini didominasi sampah rumah tangga,” pungkasnya. korankito.com/raya/depe.

AN