Bawa Pistol, Penjaga Malam Hotel Diringkus

Tersangka Herman pemilik pistol diamankan di Mapolsek Sukarami Palembang, Kamis (8/6). KORANKITO/DEPE

Palembang- Berdalih untuk jaga diri, Herman Kabulasa (43) nekat membawa senjata api rakita (senpira) jenis revolver.

Atas ulahnya itu, warga Jalan Mandi Api II, Lorong Masjid Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang Alang Lebar ini harus berurusan dengan pihak berwajib.

Herman ditangkap saat sedang berjaga malam di salah sat hotel yang ada di kawasan Jalan Kol H Burlian, Kecamatan Sukarami Palembang, Rabu (7/6) sekitar pukul 21.30.

Kapolsek Sukarami Kompol Khalid Zulkarnain melalui Kanit Reskrim Iptu Marwan mengatakan, penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang resah dengan tersangka yang sering berlagak seperti preman serta membawa senjata api saat bertugas sebagai jaga malam.

“Setelah ada laporan, kami selidiki dan ternyata benar tersangka membawa senjata api kemana-kemana. Hingga akhirnya kami ringkus,” ujarnya.

Pihaknya menemukan sepucuk senpi rakitan jenis revolver beserta empat butir amunisi aktif di saku celana kanan tersangka.

“Sementara ini berdasarkan pengakuan tersangka senpi ini belum penah digunakan untuk apapun, namun masih akan kita cek kebenarannya,” kata Marwan.

Sementara itu, tersangka Herman mengaku, senjata tersebut merupakan warisan dari orang tuanya dan tidak membelinya dari siapa pun.

“Dulu dipakai oleh orang tua saya dan akhirnya diwariskan kepada saya. Hanya untuk jaga-jaga saja bukan untuk menakut-nakuti orang,” katanya.

Atas ulahnya itu, tersangka diancam dengan pasal 1 ayat 1 UU darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman kurungan diatas lima tahun penjara. korankito.com/adi/depe