Ratusan Siswa SMKN 3 Palembang Ikuti Lomba Rohani Islami

LOMBA ROHANI : Sejumlah pelajar SMKN 3 Palembang ikuti lomba rohani Islami antarkelas. Foto/Ejak.
Palembang – Sebanyak 208 siswa kelas X dan XI SMKN 3 Palembang bakal ikuti lomba rohani islami antar kelas dalam gelaran pesantren Ramadhan 1438 Hijriah.
Kegiatan lomba rohani islami ini meliput lomba adzan, hafalan surah pendek, tausiah dan do’a sesudah shalat wajib yang dilaksanakan dari tanggal 8 – 10 Juni di masjid dan aula sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) 3 Palembang.
Kepala SMKN 3 Palembang Hernawati mengatakan, pelaksanaan lomba ini merupakan rangkaian dari Pesantren Ramadhan SMKN 3 Palembang yang dimulai pada 11 Ramadhan atau dari tanggal 6 – 10 Juni. Pesantren Ramadhan ini sendiri diikuti oleh seribuan lebih siswa dari kelas X dan XI.
“Lomba ini dimulai besok (8/6) yaitu lomba adzan, hafalan surah, tausiah dan hafalan do’a sesudah salat. Per kelas wajib mengirim satu peserta laki-laki dan satu peserta perempuan. Jadi totalnya pesertanya ada sekitar 208 siswa dengan juri dari mentor rohis,” ungkapnya disela kegiatan pesantren Ramadhan, Rabu (7/6).
Para peserta ini, lanjutnya, akan memperebutkan hadiah berupa bingkisan Ramadhan. “Hari terakhir nanti, itu penutupan dan pembagian hadiahnya,” ujarnya.
Selain itu, Herna mengungkapkan, ada sedikit perbedaan dalam pelaksanaan pesantren Ramadhan tahun ini, dimana untuk siswa laki-laki dan perempuannya dipisah lokasinya.
“Ini agenda tahunan, Absensi tetap kita jalankan. Tapi yang berbeda untuk siswa pesantren Ramadhannya di masjid, dan siswi di aula sekolah,” paparnya.
Menurutnya, tujuan dari pesantren Ramadhan untuk mendirikan dan membentuk karakter anak yang religius.
“Kita juga arahkan sisa untuk berzakat fitrah melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dan rohis. Jaga-jaga kalau mereka lupa, biasanya kita distribusikan kepada siswa kita sendiri yang berhak menerima dan warga d8 sekitar sekolah,” pungkasnya.(ejak)
AN