Mendesak, Pemekaran Kecamatan Ditarget Agustus

Sekda Palembang Harobin Mastofa, Foto/Raya

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan pemekaran dua kecamatan yakni Kecamatan Ilir Timur (IT) III dan Kecamatan Jakabaring terealisasi Agustus 2017.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa, mengingat satu diantara kecamatan yakni Jakabaring merupakan tuan rumah kawasan yang akan dijadikan tempat perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang. “Kalau semua urusan sudah selesai pada Juli ini, kita targetkan Agustus sudah dilaksanakan pelantikan camatnya. Mengingat Jakabaring juga akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018,” ungkapnya, saat diwawancarai di ruang rapat Parameswara kantor Setda Palembang, Rabu (7/6).

Selain itu, lanjutnya, ini juga bertepatan dengan kegiatan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang. Sebab kalau pemekaran ini tidak juga terealisasi pada akhir tahun ini akan sangat berpengaruh terhadap Pilkada tersebut.

“Di Pilkada 2018 sudah ada camat sendiri. Agar lebih optimal kinerja perangkat daerahnya,” imbuhnya.

Sejauh ini, tambah Harobin, pihaknya telah menugaskan Asisten I bidang pemerintahan Kota Palembang, untuk menemui direktur di Kemendagri RI guna menjelaskan sudah tidak ada hambatan dalam pemekaran ini.

“Sudah disampaikan di Kemendagri jadi kita tinggal tunggu saja kabarnya, kalaupun besok sudah dapat SK langsung kita proses. Sudah jelas tidak ada permasalahan lagi, dari Survey dilapangan baik itu perlengkapan data-datanya, jadi tidak ada alasan untuk menunda pemekaran,” tuturnya.

Terkait SDM untuk kecamatan baru ini nanti, ia menambahkan, perangkat kecamatan sudah siap. Dimana SDM ini bakal diambil dari yang memang sudah berpengalaman dibidangnya. “Tinggal melantik mencari orang yang sudah berpengalaman. Bisa juga ditarik dari yang sudah ada atau yang sudah pernah jadi camat,” paparnya.

Seperti diketahui, Kecamatan Ilir Timur III merupakan pemekaran dari Kecamatan IT II dan Kecamatan Jakabaring dari Kecamatan SU I. korankito.com/raya/syym.

AN