Waspada! Jelang Lebaran Upal Sasar Warung Kecil

 


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol Irawan David Syah. KORANKITO/ADI

Palembang- Peredaran uang menjelang Hari Raya Idul Fitri mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Adanya budaya memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) saat lebaran sering dimanfaatkan segelintir  orang untuk mengedarkan uang palsu.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol Irawan David Syah mengatakan, dari hasil beberapa kasus upal yang pernah terungkap, para pelaku banyak menyasar penyebaran uang palsu di warung-warung kecil pinggir jalan.

“Warung kecil itu selalu terjadi perputaran uang yang dinamis. Banyak juga warga yang hendak menukar uang pecahan untuk THR di SPBU,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (5/6) siang.

Irawan mengimbau warga agar lebih berhati-hati melakukan penukaran uang di luar bank. Terlebih lagi banyaknya jasa pertukaran uang yang ada dipinggir jalan menjelang lebaran.

“Kalau yang ada dipinggir jalan lihat dulu uangnya dari mana. Kalau dari bank ya pasti asli. Warga juga harus cerdas dengan 3D (dilihat, diraba dan diterawang),” ujarnya.

Para pelaku sendiri, lanjut Irawan, paling sangat mudah memalsukan uang rupiah pecahan Rp50 ribu.

“Mungkin dibenak pelaku itu, hukumannya sama saja, mau pecahan kecil atau besar. Tetapi, untuk memalsukan uang Rp 100ribu lebih susah,” pungkasnya. Korankito.com/Adi/Depe