Ungkap Jaringan Upal Lintas Provinsi, 16 Personel Dapat Reward

Pemberian rewards para personil kepolisian dalam mengungkap peredaran uang palsu. KORANKITO/ADI

Palembang–Sebanyak 16 personel mendapat reward dari Kapolda Sumsel Irjen Pol  Agung Budi Maryoto atas prestasinya yang berhasil mengungkap jaringan peredaran uang palsu lintas provinsi.

Mereka yang menerima penghargaan yakni AKP. Agus Sunandar, Iptu. Apriyadi AS, SH, Aipda Sopyan DP, SH, Aipda. Jumardi, Bripka Purnama Mentari, Bripka Jefry, Brigpol R. Fadli, Brigpol Rizal, Brigpol Purnomo, SH, Brigpol Iwan Amri, Brigpol Andriansyah, SH, Brigpol Tri H, Brigpol Ade Candra, Brigpol. M. Wahyudi, SH, Briptu. M Haris Nugraha dan Bripda Apriansyah.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto, melalui Kabid Humas Kombes Pol Cahyo Budisiswanto mengatakan, biasanya uang palsu banyak beredar saat menjelang ramadhan hingga lebaran nanti.

Hal ini disebabkan, seiring meningkatnya transaksi yang dilakukan oleh masyarakat. Momen itulah sering dimanfaatkan sindikat untuk mengedarkan uang palsu.

Dirinya menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan lebih teliti setiap kali menggunakan uang dari setiap transaksi. Jangan-jangan uang yang diberikan atau diterima adalah palsu.

Selain itu, masyarakat juga harus berperan aktif mencegah beredarnya uang palsu dengan cara menghindari transaksi menggunakan uang tunai dalam jumlah besar.

Jika ingin menukar uang lebih baik tukarkan di BI atau tempat lain yang sudah ditunjuk  BI dan kalau menemukan uang palsu sebaiknya menahan uang tersebut dan segera laporkan ke pihak yang berwajib.

“ Untuk mengetahui asli atau tidaknya uang, caranya gampang cukup dengan 3D alias Dilihat, Diraba dan Diterawang,” pungkasnya. Korankito.com/Adi/Depe