Langkah Sederhana, Cegah Kulit Kering Saat Berpuasa

Ilustrasi/googleimages

Ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, tubuh rentan mengalami masalah dehidrasi karena asupan air yang terbatas. Kulit akan berubah menjadi kusam, pecah-pecah, kering dan kasar. Keadaan kulit seperti ini merupakan gejala dehidrasi yang disebabkan karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh selama berpuasa.

Kulit wajah yang sehat tentu menjadi idaman bagi semua orang. Banyak cara yang ditawarkan untuk dapat memiliki kulit wajah yang lebih menarik. Mulai dari mengecilkan pori-pori, mencerahkan dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas jerawat dan flek menjadi tujuan akhir dari setiap cara.


Pemakaian moisturizer di malam hari dan pemakaian sunscreen di pagi/siang hari sangat dianjurkan setelah kulit wajah terkena air, misal setelah mandi, membersihkan wajah, atau wudhu. Karena air akan membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya.

Hindari air panas
Selain itu hindari juga mandi atau membersihkan wajah dengan air panas, karena akan mempercepat proses penguapan air pada kulit. Dan jangan terlalu sering terkena paparan sinar Matahari.

Asupan Nutrisi
Perbanyak memakan makanan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kadar air dalam buah-buahan dan sayur-sayuran sangat tinggi, sehingga cukup sebagai cadangan untuk mengimbangi aktivitas saat berpuasa. Tentunya jangan lewatkan perbanyak minum air mineral.

Bulan puasa adalah waktu dimana kita harus menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat agar memperoleh kulit wajah yang cantik.

Semoga bermanfaat… (korankito.com/berbagaisumber/mbam)