Lagi, Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan, DLHK Akui Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Tumpukan sampah kian menggunung, di kawasan jalan poros Tebing Tinggi – Pendopo, tepatnya di dekat puskesmas Pendopo. foto/rodi.

Empatlawang – Setelah sebelumnya banyak terdapat tumpukan sampah di kawasan Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi yang ditutup menggunakan puluhan ton tanah, kali ini tumpukan sampah juga menggunung di kawasan Pendopo tepatnya di jalan poros Pendopo-Tebing Tinggi tepatnya dekat Puskesmas Pendopo.

Pengendara yang melintas di jalan tersbut akan disambut dengan pemandangan serta bau tak sedap dari sampah yang menumpuk di Jalan Poros HM Noerdin Pandji sekitaran Puskesmas Pendopo Kecamatan Pendopo. Dimana sampah yang terus-terusan menumpuk itu menjadi bukit sampah yang berdampak buruk bagi penduduk.

Kendati adanya tempat pembuangan akhir (TPA) di Km 12 Jalan Poros HM Nurdin Pandji, ternyata tidak terlalu membantu penguraian sampah di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Buktinya sudah dua tahun lebih bukit sampah tersebut dibiarkan.

Setelah ditelusuri ternyata lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan akhir sementara (TPS). Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Empatlawang Mgs A Nawawi mengaku kekurangan armada untuk mengangkut sampah tersebut. Namun ia memastikan akan memindahkan lokasi tersebut ke lokasi yang baru dan jauh dari kawasan pemukiman.

“Itulah kendala kami, armada mobil sampah yang ada saat ini sangat kurang. Mobil pengangkut sampah di pendopo tidak sanggup untuk membuang ke TPA karena tebingan di jalan poros tinggi dan armada sudah tua,” keluhnya.(korankito.com/rodi/amel)