Bisa Dipercaya

Gara-gara ‘Nyanyian’ Teman Hendri Ditangkap Polisi

Zakir dan Hendri berhasil diamankan di Mapolres Empatlawang. Foto/rodi

Empatlawang-Tersangka begal bernama Hendri (39), warga Desa Tanjung Baru, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empatlawang, tidak dapat berkutik lagi saat disergap polisi di rumahnya yang berada di Kelurahan Pagar Tengah, Kecamatan Pendopo.

Tersangka ditangkap anggota Satreskrim Polres Empatlawang menyusul ‘nyanyian’ Zakir, temannya yang tertangkap lebih dulu dalam kasus senjata tajam. Zakir mengaku terlibat kasus pencurian dengan kekerasan  sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 Kitab Undang-undang Hukum Pudana (KUHP). Korbannya Sape’i (38), warga Desa Muara Sindang, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empatlawang.

Kapolres Empatlawang AKBP Bayu Dewantoro melalui Kasatreskrim AKP Robi Sugara mengatakan, penangkapan tersangka ini berawal dari kejadian aksi curas yang dilakukan tersangka bersama tiga orang kawanannya yang lain.

Saat itu korban sedang mengendarai mobil Suzuki Carry Futura hitam, bernomor polisi BD 9551 LC, mengangkut 220 unit tabung gas elpiji 3Kg, melintas di Jalan Talang Ipil, Kecamatan Pendopo Barat. Tiba-tiba, dari arah semak-semak, muncul empat orang tidak dikenal dari bagian kanan dan kiri jalan, mencegat kendaraan korban.

Kemudian, tersangka Hendri bersama salah seorang rekannya, dengan membawa senjata api dan pisau memaksa korban menyerahkan kendaraannya. Total kerugian yang dialami korban saat itu, kurang lebih sekitar Rp70 juta.

“Mendapat laporan korban, kita lakukan lidik. Alhamdulillah, upaya kita dalam mengungkap kasus itu, menemui titik terang hingga akhirnya salah seorang dari empat pelaku berhasil kita tangkap kemarin,” ungkap Robi Sugara.

Mantan Kapolsek Gelumbang Polres Muaraenim ini, menceritakan kronologis mengungkap kasus tersebut hingga berhasil menangkap tersangka Hendri yang berawal dari informasi Polres Empatlawang.

“Ungkap kasus ini berdasarkan hasil pemeriksaan tersangka Zakir, yang sebelumnya sudah tertangkap dalam kasus sajam. Ia mengakui telah melakukan curas mobil Carry bermuatan tabung gas bersama tersangka Hendri dan 2 orang teman lainnya,” jelas Robi.

Setelah mendapat keterangan tersebut, kemudian Robi didampingi Kanit Pidum Satreskrim Polres Empatlawang, langsung melakukan penggrebekan. Alhasil, tersangka Hendri berhasil ditangkap, tanpa ada perlawanan yang berarti. “Saat diinterograsi, tersangka Hendri mengakui melakukan curas bersama tiga orang temannya ( Zakir, Ib dan Er-red),” urainya.

Sementara mobil hasil kejahatan mereka dijual kepada IG, warga Desa Lesung Batu seharga Rp5,8 juta dan tabung gas elpiji dijual terpisah secara eceran ke masyarakat, total terjual Rp6 juta.

“Tersangka Hendri mendapat bagian sebesar Rp2,8 juta dan sudah habis digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Sedangkan tersangka Zakir, mendapat bagian sebesar Rp3,3 juta,” ujarnya.(korankito.com/rodi/mbam)