Bisa Dipercaya

Awal Puasa, Sekolah Libur Dua Hari

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo. Foto/dok

Palembang – Menyambut Bulan Ramadhan, sekolah diliburkan sejak 26 Mei dan kembali memulai aktivitas seperti biasa pada Senin (29/5). Seperti biasa, sekolah-sekolah diliburkan beberapa hari menjelang bulan puasa. Kali ini tanggal 1 Ramadhan yang bertepatan dengan tanggal 27 Mei dalam tahun Masehi.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang berdasarkan arahan pemerintah pusat mengeluarkan edaran yang menyebutkan sekolah sudah mulai libur dari tanggal 26 Mei dan masuk kembali seperti biasa pada 29 Mei.

“Libur puasa awal itu dua hari sejak 26-27 Mei, karena tanggal 28 bertepatan dengan hari Ahad, maka masuknya pada hari Senin (29/5),” ungkap Kepala Disdik Kota Palembang Ahmad Zulinto, Kamis (25/5).

Dalam edaran tersebut juga disebutkan, bahwa selama kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah per jam di tiap mata pelajarannya dikurangi 10 menit. “Untuk pelajaran praktik olahraga diganti dengan teori dan diperbanyak dengan kegiatan keagamaan. Dan untuk sekolah keagamaan agar menyesuaikan dengan kalender pendidikan,” imbaunya.

Selain itu, ia menguraikan, saat jelang hari raya Idul Fitri sekolah sudah mulai diliburkan sejak H-6 dan masuk kembali H+6 usai lebaran.”Jelang Lebaran juga sudah kita jadwalkan liburnya, semua sesuai ketentuan pusat,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Sumatera Selatan Widodo menambahkan, sebenarnya ramadhan kali ini di sekolah sudah tidak terlalu banyak kegiatan. Pasalnya jadwal ujian hampir semua selesai sebelum Ramadhan. “Namun tetap wajib sekolah, selama pihak sekolah belum meliburkan. Sebab dari kami hanya memberi imbauan saja, semua kembali ke otoritas sekolah,” tambahnya.(korankito.com/eja/mbam)