Muba Gandeng Sampoerna Foundation

Bupati Muba H Dodi Reza Alex memberikan cindera mata pada acara penandatanganan kesepakatan kerjasama / MoU antara Yayasan Putra Sampoerna Foundation dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Foto/heri

Sekayu-Usai serah terima jabatan, Bupati Muba H Dodi Reza Alex langsung menggebrak dengan program peningkatan mutu pendidikan. Dodi menandatangani kesepakatan dengan Head Of Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach, Gusman Samsudin Yahya. Kerja sama ini berupa Lighthouse School Program dan Pusat Balajar Guru.

Menurut Dodi, Muba akan selalu berupaya semaksimal mungkin untuk membuat kebijakan, serta terobosan baru untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari pra-sekolah sampai dengan perguruan tinggi.

“Kita sadari betul, kendati Muba memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun tanpa didukung sumber daya manusia dengan pendidikan yang berkualitas mustahil akan maju pembangunannya,” jelas Dodi.

Pemkab Muba menyambut baik dan berterimakasih atas kerjasama di bidang pendidikan ini. “Harapan kami dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Muba,” tegasnya.

Sementara itu Gusman Yahya menambahkan, Lighthouse School Program merupakan program peningkatan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan konfrehensif, kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel didukung oleh guru-guru berkualitas terutama pada bidang science, technology, engineering dan math (STEM) dengan praktik terbaik pembelajaran internasional.

“Program ini merupakan proses intervensi melalui pengembangan profesional guru, peningkatan kualitas manajemen sekolah, peningkatan kapasitas siswa dan pemberdayaan komunitas sekolah. Untuk permulaan, sasaran program ini adalah dua sekolah dasar yaitu SD Negeri 1 Babat Toman dan SD Negeri 1 Sungai Lilin, serta dua sekolah menengah pertama yaitu SMPN 1 Babat Toman dan SMPN 1 Sungai Lilin,” jelasnya.(korankito.com/heri/mbam)