SMPN 39 Palembang Sekolah Wisata Edukasi Pertama

Walikota Harnojoyo saat meresmikan SMPN 39 Palembang menjadi sekolah wisata edukasi.foto/ist

Palembang – Walikota Palembang Harnojoyo meresmikan SMPN 39 menjadi sekolah wisata edukasi pertama. Langkah ini untuk mewujudkan visi dan misi Kota Palembang yang Elok, Madani, Aman dan Sejahtera (EMAS). Selain itu berbagai aspek dan elemen masyarakat turun mendukung pencapaiannya.

Harno, sapaan akrab orang nomor satu di Palembang ini mengatakan, dengan adanya sekolah wisata edukasi ini dapat menambah referensi tempat wisata baik dari dalam dan luar kota Palembang.

“Tempatnya juga strategis, bersebelahan dengan pondok pesantren dan tempat wisata Alquran raksasa di Gandus. Jadi ini bisa menjadi sekolah wisata yang benar-benar mengedukasi baik warga sekolah maupun masyarakat sekitar dan pengunjungnya,” ujarnya usai meresmikan SMPN 39 Palembang sekolah wisata edukasi pertama di Kota Palembang, Rabu (24/5).

Selain itu, Harno menguraikan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya sekolah wisata ini. “Ke depan akan kita lengkapi dengan sarana dan prasarananya. Akses serta infrastrukturnya juga akan kita upayakan dipercepat pembangunannya,” imbuhnya.

Kepala SMPN 39 Palembang Marjani mengaku, pendeklarasian sekolahnya menjadi sekolah wisata edukasi ini tidak terlepas dari dukungannya menuju Palembang EMAS. Namun, dengan adanya launching ini, pihaknya memohon dukungan penuh dari berbagai pihak untuk dapat melengkapi sarana dan prasarananya, terutama mushalla.

“Yang kita tampilkan di sini sejarah dan barang peninggalan sejarah dari masa ke masa. Sehingga para pengunjung dapat mengetahui sejarah dan apa saja barang peninggalan di Kota Palembang,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Palembang Herman Wijaya menambahkan, pihaknya akan menyumbangkan buku-buku sejarah untuk menambah koleksi sekolah wisata edukasi ini.

“Nanti kita berikan buku-buku sejarah dan keislaman untuk menambah referensi sekolah wisata edukasi ini. Ini juga salah satu wujud nyata program untuk menjadikan sekolah unggulan per bidang ditiap kecamatan,” pungkasnya.korankito.com/ejak/hms/drsd