Periode Januari-Mei, Kejari Berhasil Selamatkan Uang Negara Rp 105 Miliar

Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaraenim saat menggelar release kinerja di aula Soeprapto Kejari, Selasa (23/5). foto/hafiz.

Muaraenim – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaraenim melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) mengklaim telah berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp105 miliar. Hal itu disampaikan Kajari Muaraenim Adhyaksa Darma Yulianto dalam release kinerja di aula Soeprapto Kejari, Selasa (23/5).

Adhyaksa juga mengatakan, jumlah tersebut merupakan hasil pemulihan keuangan negara bidang Datun selama Januari sampai Mei 2017.

“Kita sudah berusaha semaksimal mungkin dalam hal pencegahan kerugian keuangan negara. Selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN) kita juga melakukan pendampingan terhadap sengketa perdata dan Tata Usaha Negara. Salah satunya mendampingi PT Bukit Asam (PT BA) yang menang dalam kasus perdata, walaupun kasusnya masih kasasi” ujar orang nomor satu di Kejari itu.

Selain itu Kajari Muaraenim selama periode Januari-Mei 2015 berhasil menyelamatkan keuangan negara dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lebih dari Rp198 miliar. Namun hasil kinerja ini akan menjadi evaluasi untuk semester berikutnya.

“Untuk tahun 2017 ini kita masih fokus menyelidiki dugaan kasus korupsi dibeberapa pos. Tapi nanti akan kita umumkan jika memang ditemukan alat bukti” tutupnya. (korankito.com/hafiz/amel)