Bisa Dipercaya

Jelang Puasa, PDAM Tirta Bukit Sulap Gencar Lakukan Perbaikan

Lubuklinggau- Mendekati bulan suci ramadhan, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bukit Sulap (PDAM TBS) Kota Lubuklinggau, gencar turun ke lapangan mengecek peralatan penyuplai air ke pelanggan guna menjamin tidak ada masalah saat bulan puasa.

“Kita melakukan perbaikan diseluruh titik pompa, IPAL dan pipa-pipa yang sering bocor supaya air tidak mengalami gangguan pendistribusian saat bulan puasa,” kata Direktur PDAM TBS, Ratnawati didampingi Kabid Teknik, Hadi Purwanto,Senin (22/5).

Berita Sejenis
1 daripada 20

Dijelaskan Hadi, pihaknya telah melakukan perbaikan pompa ‎di Lubuk Kupang lantaran mengalami kerusakan sejak dua hari terakhir. Namun saat ini sudah normal kembali, pompa ini mengalirkan air  untuk wilayah Lubuk Kupang sampai ke Temam.

“Kita kerja keras untuk bulan puasa supaya air aman. Jangan sampai ada komplain lagi. Mendekati puasa ini PDAM berusaha semaksimal mungkin memastikan air tidak ada gangguan,” tegas Hadi.

Diterangkannya, pendistribusian air paling banyak terjadi gangguan di wilayah Lubuklinggau Selatan, dikarenakan ‎kontur tanahnya tinggi jadi air sulit untuk dipompa terutama saat musim kemarau.

Sedangkan  untuk peralatannya sendiri yang sering mengalami kerusakan yakni pompa yang menyebabkan air tidak tersedot sehingga tidak mengalir kerumah pelanggan.

Selain itu, Hadi juga menjelaskan keluhan warga soal air Pam yang sering keruh kecoklatan. Hal tersebut disebabkan adanya kabel yang hilang selama lebih kurang setengah bulan, sehingga pipa pendistribusian kosong. Setelah pipa normal kembali, airnya padat dan di dalam pipa terdapat sisa-sisa endapan lalu terdorong keluar.

“Karena air dari IPAL sudah disaring, sementara di dalam pipa masih ada lumpur karena air tidak mengalir tadi jadi berwakna cokelat. Kita berupaya untuk membuang endapan tersebut sebelum air sampai ke rumah pelanggan,” pungkasnya. (korankito.com/dhia/fran)